Kunjungan Putri Mahkota Denmark, Mary Elizabeth Donaldson di Yogyakarta

Istimewa

YOGYAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Putri Mahkota Denmark, Mary Elizabeth Donaldson melakukan lawatan ke Yogyakarta sejak Selasa (03/12/2019) hingga Rabu (04/12/2019).

Salah satu tempat yang dikunjungi Mary Elizabeth selama di Yogyakarta adalah Puskesmas Tegalrejo yang berada di Jalan Magelang, Kota Yogyakarta, Rabu(04/2019).

Putri Mary sempat berbincang dan berbagi pengalamannya dengan para dokter dan petugas di Puskesmas Tegalrejo utamanya tentang kesehatan reproduksi.

Dikatakan Kepala Puskesmas Tegalrejo, Abdul Latief  jika kedatangan Putri Mary terkait dengan posisinya sebagai salah satu duta dari organisasi kesehatan dunia (WHO) dan patron dari UNPFA.

Lebih lanjut dijelaskan Latief, Putri Mary banyak membahas tentang program kesehatan reproduksi dan keluarga berencana serta program kesehatan bagi remaja yang dikelola Puskesmas Tegalrejo. Selain itu Putri Mary juga menaruh perhatian pada kasus kehamilan tidak diinginkan yang terjadi di Yogyakarta utamanya kehamilan tak diinginkan yang terjadi pada usia remaja.

Baca:  Wantimpres Ajak Ulama dan Pesantren Bangkitkan Kembali Nilai-Nilai Pancasila

“Memang ada kasus-kasus kehamilan tidak diinginkan yang banyak terjadi, khususnya di Yogyakarta. Tahun 2018 ada sekitar 290 an kehamilan tak diinginkan dan 170 di antaranya adalah remaja. Itu jadi konsen tersendiri bagi Princess Mary untuk melihat dan mendengar sebenarnya permasalahan kesehatan yang ada di Kota Yogyakarta,” urai Latief.

Latief menambahkan selama di Puskesmas Tegalrejo, Putri Mary sempat pula meninjau fasilitas kesehatan, yang diantaranya laboratorium dan fasilitas kesehatan untuk ibu dan anak.

Tak hanya itu, Putri Mary sempat pula melihat program bimbingan konseling untuk remaja dan pasien HIV/AIDS yang diterapkan di Puskesmas Tegalrejo.

“Putri Mary mengapresiasi bahwa Indonesia, khususnya di Yogyakarta ini ternyata juga bisa menyelenggarakan layanan kesehatan yang sangat pro terhadap masyarakat, remaja, dan khususnya bagi ibu-ibu hamil,” tutup Latief.

Baca:  Bertolak ke Yogyakarta, Presiden Akan Resmikan Underpass YIA

Selain itu, Mary Elizabeth Donaldson juga berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (4/12/2019).

Putri Denmark ini disambut hangat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan juga Ratu Hemas. Tampak pula beberapa putri keraton yang turut hadir menyambut.

Kunjungan kali ini rupanya juga menandai peringatan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dengan Denmark.

Ada beberapa agenda penting yang dihadiri Putri Mahkota Denmark di antaranya kunjungan dalam kapasitas sebagai patron United Nations Fund for Population Activities (UNFPA).

“Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Denmark. Data hubungan bilateral sudah 70 tahun dari dua negara,” pungkas Martin Suryo Mardyantoro selaku Fungsi Ekonomi Perdagangan KBRI Copenhagen.

Baca:  OTT KPK di Yogyakarta, Dua Jaksa dan Satu dari Swasta Ditetapkan Sebagai Tersangka

Selain pertemuan ini, Suryo juga mengungkapkan bahwa Selasa (3/12/2019) malam juga telah diselenggarakan kick off event dimana ada peluncuran logo pemenang sayembara. Peluncuran tersebut meeupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Denmark di Jakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI di Copenhagen.