DPR Gelar Fit and Proper Test Bagi 10 Calon Duta Besar

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Komisi I DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan kepatutan terhadap calon duta besar yang diajukan Presiden Jokowi pada Selasa (13/12/2016). Tapi, fit and proper test tersebut berlangsung tertutup.

“Kita mengadakan fit and proper test untuk melihat sampai sejauh mana wawasan kebangsaan hingga Pancasila mereka. Intinya kita ingin bagaimana calon Dubes paham negara yang akan ditujunya,” tegas Wakil Ketua Komisi I DPR RI Asril Hamzah pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Sementara itu, para calon Dubes yang dipanggil untuk fit and proper test adalah sebanyak 23 orang: Arifin Tasrif, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Jepang di KBRI Tokyo, Ferry Adamhar, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Yunani di KBRI Athena, Priyo Iswanto, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Kolombia di KBRI Bogota, Kristiarto Legowo, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Australia di KBRI Canberra, Sahat Sitorus, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Timor Leste di KBRI Dili.

Hasan Kleib, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Swiss di KBRI Jenewa, Mayjen Dr. Ir. Arief Rachman (Unhan), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Afganistan di KBRI Kabul, Ngurah Ardiyasa, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Sri Lanka di KBRI Kolombo, Prof Dr Yuddy Chrisnandi (mantan Menpan), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Ukraina di KBRI Kiev, Nur Syahrir Rahardjo, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Bahrain di KBRI Manama.

Esti Andayani, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Italia di KBRI Roma, Umar Hadi, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan di KBRI Seoul, Darmansjah Djumala, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Austria di KBRI Wina, Arto Suryo-di-puro, diusulkan sebagai Dubes RI untuk India di KBRi New Delhi, Rina Soemarno, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Bangladesh di KBRI Dhaka.

Andy Rachmianto, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Yordania di KBRI Amman, Wieke Adiwoso, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Slovakia di KBRI Bratislava, Prof. Radar Pardede, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Tanzania di KBRI Dar Es Salam, Tantowi Yahya (Golkar), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru di KBRI Wellington, Komjen (pol) Sjahroedin, diusulkan sebagau Dubes RI untuk Kroasia di KBRI Zagreb.

Rachmat Pramono, diusulkan sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan di KBRI Astana, Ikrar Nusa Bhakti (peneliti), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Tunisia di KBRI Tunis, dan Rusdi Kirana (wantimpres/pengusaha), diusulkan sebagai Dubes RI untuk Malaysia di KBRI Kuala Lumpur.(DARGO)