Pangdam Jaya Pimpin Ziarah ke TMP Kalibata Jakarta Selatan

Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana saat ziarah ke TMP Kalibata Jakarta Selatan

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Hari Juang Kartika (HJK) merupakan sebuah peristiwa heroik bagi TNI AD, dimana tanggal 15 Desember 1945 di Kota Ambarawa (Jawa Tengah)Tentara Keamanan Rakyat (TKR) bersama rakyat melakukan perlawanan sengit melawan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia.

TKR dipimpin Jenderal Sudirman, meski dihadang dengan kekuatan persenjataan modern dan kemampuan taktik serta strategi sekutu, tak gentar sedikitpun untuk melancarkan serangan dengan taktik “capit udang” , seraya melakukan pengepungan ketat di semua penjuru kota Ambarawa, hingga tentara sekutu terjepit dan mundur dari Ambarawa menuju kota Semarang.

Peristiwa heroik ini akhirnya hingga kini diperingati sebagai Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia( TNI AD). Rangkaian Peringatan HJK 2016 diawali dengan Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Teddy Lhaksmana didampingi Ny. Renny Teddy Lhaksmana, Rabu(14/12/2016).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Pangdam Jaya memimpin langsung penghormatan kepada arwah para pahlawan dan meletakkan rangkaian bunga serta penghormatan terakhir dilanjutkan acara tabur bunga yang diikuti oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Ilyas Alamsyah, para Asisten dan Kabalakdam serta Para Komandan Satuan dengan diiringi lagu gugur bunga yang semakin mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan yang rela gugur demi negara Indonesia.

“Kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, di samping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma baktikan seluruh jiwa raganya juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai para pahlawannya,”terang Pangdam Jaya.

Lebih lanjut dikatakanya,”bentuk penghormatan ini tidak akan pernah lepas dari jiwa dan raga putra putri penerus bangsa untuk senantiasa menghormati dan menghargai serta mengenang jasa-jasa para Pahlawan kusuma Bangsa yang telah gugur mendahului kita “, lanjutnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini berjalan hikmat dan lancar.( ery ns)