Baharkam Polri Bersama Polda Jatim Gelar Baksos dan Kesehatan di Kabupaten Sampang, Ini Sasaranya

SAMPANG, KANALINDONESIA.COM:  Ribuan warga Kabupaten Sampang, Madura, berduyun-duyun mendatangi kegiatan bakti sosial dan kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Baharkam Polri bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur di Lapangan Tenis Indoor “Wijaya Kusuma” Jalan Wahid Hasyim Kabupaten Sampang, Jum’at (13/12/2019).

Dengan membawa kupon, warga dari segala usia ini rela antre untuk mendapatkan pengobatan secara cuma-cuma alias gratis. Bukan hanya itu, pada kegiatan tersebut juga mengadakan khitanan massal yang diikuti hampir ratusan anak-anak.

Pada awak media, Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs. Firli, M. Si mengatakan kegiatan bakti sosial dan kesehatan gratis sengaja memilih Kabupaten Sampang, Madura, karena masih banyak warga yang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut. Bahkan angka kemiskinan di Kabupaten Sampang masih tinggi.

Baca:  Gempa 6,4 SR Guncang Jawa Timur dan Bali, 3 Warga Sumenep Meninggal

“Bakti sosial dan kesehatan hari ini kita laksanakan di Kabupaten Sampang. Mengapa kita pilih Sampang, karena berdasarkan data yang kita punyai bahwa Sampang ini angka kemiskinannya masih sangat tinggi,” kata Firli dalam sambutannya, Jumat (13/12/2019)

Pantauan dilokasi, Bakti Sosial dan Kesehatan yang dimulai pukul 07.00 WIB ini melibatkan sejumlah instansi terkait. Seperti Biddokes Polda Jatim, Urkes IDI, Dinkes Kabupaten Sampang, Urkes Polres Sampang, Puskesmas Sampang, PTPN dan Bulog dan insatansi terkait lainnya.

“Menurut data yang kami dapatkan, masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan diketahui, diantaranya sebanyak 500 orang pengobatan umum, pengobatan spesialis ada 250 orang, pengobatan gigi 50 orang, usaha kesehatan gigi sekolah sekitar 100 orang. Dari seluruh pelayanan, masih didominan dengan khitanan massal, sebanyak 500 orang,” terangnya.

Baca:  Pendeta Berbuat Asusila Terhadap Jemaat Akan Segera Dipanggil Polda Jatim

Menurut Firli, tingkat pengangguran sangat rendah dan pembangunan bidang pendidikan juga kemanusiaan sudah ada peningkatan. Namun angka kemiskinan masih tinggi.

“Tadi saya juga sdh berbicara dengan bapak Bupati Sampang untuk meninjau kembali program APBD nya untuk upaya upaya penurunan angka kemiskinan,” imbuh Firli, Jumat (13/12/2019).

Pada kegiatan itu juga terlihat dihadiri Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Herry Wibowo, Kakor Polair Polri, Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Drs. Djamalludin dan para Pejabat Utama Polda Jatim, Bupati Sampang, Ketua Pengadilan Negeri Sampang, Kajari Sampang, Dandim Sampang, Kapolres Sampang, Kapolres Bangkalan, Kapolres Pamekasan, Kapolres Sumenep, dan undangan lainnya. Ady