Antisipasi Bencana Banjir, Polres Gresik Berikan Peluit dan Dirikan Tenda Serta Obat-obatan Untuk Masyarakat Terdampak

GRESIK, KANALINDONESIA.COM: Dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam khususnya banjir, Polres Gresik dirikan tenda pengungsian serta siapkan obat-obatan dan tenaga medis di Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik,minggu (15/12/2019)

Posko bencana alam yang di dirikan di depan SMA 8 Cerme tersebut,untuk kesiap siagaan bila terjadi bencana alam dengan mendadak,karena dari tahun ke tahun daerah tersebut menjadi langganan banjir.

Tak tanggung-tanggung, bila terjadi bencana banjir,genangan air di wilayah kecamatan Cerme terdampak paling parah,ketinggian air mencapai perut orang dewasa hingga sampai separuh rumah.

Hal ini menjadi atensi khusus Polres Gresik untuk mengantisipasinya.

Dalam upacara apel kesiap siagaan tanggap bencana alam banjir,Kapolres Gresik mengatakan,”sesuai arahan bapak Kapolri yang di jabarkan oleh bapak Kapolda JawaTimur negara harus hadir menjamin keselamatan masyarakat dan harus tanggap terjadinya potensi bencana yang akan datang,”kata Kapolres.

“Kali ini,lanjut Kapolres,kita tidak hanya menyiapkan tenda,slimut,obat-obatan,tenaga medis,perahu kita juga berikan peluit kepada masyarakat cerme bila banjir terjadi banjir bandang,gunanya,di saat proses evakuasi,bila mana petugas tidak mengetahui kalau di situ ada orang,masyatakat bisa meniup peluit itu sekencang mungkin supaya terdeteksi petugas,”tambahnya.

Acara di lanjutkan dengan menghimpun informasi dari masyarakat Cerme,wilayah mana saja yang paling parah bila banjir tiba, serta mensosialisaikan bila terjadi banjir masyarakat tidak perlu lagi mengungsi jauh-jauh,bisa menggunakan fasilitas yang telah di sedikaan oleh Polres Gresik.(Irwan)