Ratusan Pelari Ikuti NAP Half Marathon 2019

Berasal dari seluruh penjuru nusantara dan luar negeri

Foto: Arso_kanalindonesia.com/XII/2019

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Ratusan pelari yang berasal dari seluruh penjuru nusantara mengikuti event NAP Half Marathon 2019 di Desa/ Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jatim, Minggu(15/12/2019).

Event NAP Half Marathon 2019 dengan start dan finish di obyek wisata Ngebel Adventure Park (NAP) ini dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori untuk 7K yang diikuti sekitar 230 peserta putra dan putri dan 21K yang diikuti 101 peserta putra dan putri dengan rute lari mengitari perbukitan, melewati sungai tropis, tanjakan, turunan yang cukup menantang.

Rute yang dilalui 60% trail dan 40% road di sekitar telaga Ngebel dan lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 800 sampai dengan 1000 mdpl,  suhu berkisar antara 15 sampai dengan 25 derajat, melewati perkebunan pinus, manggis, kopi dan tentunya durian sebagai buah musiman khas Desa Ngebel, berlari di jalan-jalan yang biasa dilalui penduduk saat beraktifitas di kebun dan hutan.

Mengenal Telaga Ngebel dan desa sekitar telaga dengan cara yang berbeda. Merasakan sambutan yang hangat dari masyarakat, kelezatan kuliner, dan berbagai hal menarik yang ditawarkan oleh Desa Ngebel dan Kabupaten Ponorogo.

“Hari ini adalah kegiatan untuk mengeksplor Ngebel, untuk membuka potensi Ngebel yang ada yaitu potensi alam yang kita padukan dengan olah raga, yang mana dari peserta marathon ini bisa menikmati nuansa Ngebel yang tentunya juga luar biasa, karena beberapa medan terlihat ekstrem. Dan maraton ini sendiri adalah olahraga dan sekaligus berwisata di desa. Route yang luar biasa yang benar benar trail, karena melewati sungai, jalan setapak, naik turun gunung dan juga melewati Telaga Ngebel yang sangat yang cantik sebagai anugrah dari Tuhan,”ucap Kepala Desa Ngebel, Mujiono kepada kanalindonesia.com.

Foto: Arso_kanalindonesia.com/XII/2019

Kemasan program pariwisata yang cukup apik, juga memberi ruang bagi perkembangan sektor ekonomi. Melalui wisata olahraga, berharap bisa memberikan dampak yang positif dan signifikan pada sektor ekonomi di Desa Ngebel dan Kabupaten Ponorogo, merupakan event kolaborasi yang digagas oleh pengelola Ngebel Adventure Park (NAP)dan komunitas Ponorogo Trail Runners.

“Half Marathon ini rangkaian untuk membuka tempat wisata kita yaitu Ngebel Adventure Park atau NAP yang mana ke depan kegiatan maraton tahun akan datang kita lakukan akan lebih besar lagi secara peserta dan juga lebih ekstrem lagi terkait dengan rute yang akan kami laksanakan di tahun yang akan datang,”terang Mujiono.

Dikatakan Mujiono, para peserta NAP Half Marathon ini pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terlibat dengan menyediakan rumah yang dipakai sebagai homstay bagi para peserta.

“Untuk penginapan luar biasa, jadi masyarakat untuk event ini menyediakan 21 rumah yang secara angka itu kisaran 100 orang yang sudah menginap.  Ini memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Karena selain penginapan, para peserta akan mendapatkan sajian menu makanan yang benar-benar khas Desa Ngebel,”tutur Mujiono.