Mahasiswa Jual-Belikan Edelweis Via Online untuk Acara Wisuda

KANALINDONESIA.COM – Adanya laporan via twitter bahwa ada kegiatan jual-beli tumbuhan Edelweis (Anaphalis javanica) yang dilindungi undang-undang. Bunga yang dikenal sebagai bunga ke abadian itu digunakan untuk kegiatan wisuda di sebuah perguruan tinggi negeri di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Usai dilakukan penyelidikan oleh Seksi Konservasi Wilayah IV. Jumat, (13/12/2019). Ternyata penjualan dilakukan oleh Ferdy, slah seorang anggota himpunan mahasiswa pergeruan tersebut pada kegiatan wisuda di kampusnya. Sabtu, (7/12/2019) lalu.

Menurut Ferdy, ia tidak mengetahui bahwa bunga Edelweis termasuk dalam tumbuhan yang dilindungi. Dan ia mendapatkannya dengan membeli di toko online Shopee.

Menurut Sumpena, Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV, Ferdy membeli sebanyak 15 ikat dari toko online tersebut. Yang telah terjual sebanyak 7 ikat, sisanya 8 ikat ada di rekan kuliahnya.

“Sisanya akan kita musnahkan di kantor SKW IV, Pamekasan”, tambah Sumpena.

Seperti yang lansir bbksdajatim, pihak SKW IV melakukan pembinaan dan menjelaskan bahwa tumbuhan tersebut dilindungi undang-undang dan tidak boleh diperjualbelikan.

Selanjutnya yang bersangkutan membuat surat pernyataan bahwa tidak akan memperjualbelikan bunga edelweis atau TSL dilindungi lainnya.

Gaes, bunga Edelweis biasanya hanya tumbuh di tempat dengan ketinggian sekitar 2000 mpdl ke atas, ini juga tergantung dengan suhu udara serta kelembaban tempat tersebut.

Dan, jika ingin menunjukkan keindahan bunga Edelweis, maka jangan bawa bunga itu turun dari gunung. Namun ajaklah untuk melihat langsung keindahan Edelweis di atas gunung.@bam