70 Ekor Penyu Lekang Dilepasliarkan di Bibir Pantai Kili Kili Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONEISA.COM – 70 ekor tukik Penyu Lekang dilepas dari bibir pantai taman Kili Kili Trenggalek oleh BBKSDA Jatim bersama Pokmaswas Taman Kili Kili, Kepala Desa dan Perangkat Desa Wonocoyo, warga masyarakat sekitar serta mahasiswa PKL dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

Pelepasan 70 Penyu tersebut dengan harapan ketika dewasa nanti mereka dapat kembali untuk melanjutkan generasi penerusnya di tempat kelahiran mereka, Pantai Taman Kili Kili Trenggalek yang juga dikenal indah dan elok.

Pelepasan 70 ekor penyu tepat di Hari Nusantara, yang merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda, 13 Desember 1957. Hari pernyataan Pemerintah Republik Indonesia mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan, sehingga semua perairan yang menghubungkan daratan adalah bagian dari NKRI.

Baca:  Dewan Trenggalek Harap Waspadai Virus Hepatitis A

Seperti dilansir dari bbksadjatim, selain di pantai Kili Kili, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pantai Marina Boom, Banyuwangi. Di lokasi ini dilepasliarkan 21 ekor Penyu Lekang.

Kegiatan ini buah kerjasama antara BBKSDA Jatim dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF), instansi lingkup Pemkab Banyuwangi, Muspika, serta masyarakat sekitar. Harapannya tukik-tukik tersebut mampu beradaptasi dan berkembangbiak sehingga terjamin kelestariannya.@bam