Perketat Penjagaan Jelang Nataru Ops Lilin Semeru 2019, Polda Jatim Gelar Rapat Koordinasi

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Rapat Koordinasi (Rakor) untuk pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2019 menjelang perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) digelar Polda Jatim di Gedung Mahameru, Senin (16/12/2019).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebutkan pihaknya akan menurunkan sejumlah personel untuk pengamanan Operasi Lilin 2019. Diantaranya anggota Polri sebanyak 11.062, dibantu TNI ada 1.420 personel, dan Pemda 3.021 personil.

“Selain itu juga akan diperbantukan oleh beberapa elemen masyarakat gabungan dari Jasa Raharja, Damkar, PMI, Pramuka, Orari, Basarnas, Pelindo dan Organda total keseluruhan berjumlah 3.454 personel,” ucap Kapolda Luki pada sambutannya, (16/12).

Karena menurutnya ada beberapa hal yang perlu diantisipasi sebelum terjadi. Diantaranya tindak terorisme, swiping dari Ormas dan mencegah penyebaran berita Hoax serta anarkis atau tawuran. Selain itu, pengamanan sengaja diperketat terutama untuk gereja dimana melakukan kegiatan ibadah Natal dan tempat pusat keramaian seperti Mall.

“Kegiatan pengamanan saya perintahkan Polres-Polres jajaran agar diperketat di gereja untuk melakukan ibadah Natal dan tempat pembelanjaan yang sering dikunjungi masyarakat,” lanjutnya.

Luki juga menjelaskan, beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Banser dan Kokam siap membantu penjagaan gereja yang sedang merayakan Natal.

“Hal ini kita tunjukan sebagai wujud bahwa Indonesia adalah Negeri yang dengan tingkat Tolenransi Antar Umat Beragama tinggi,” pungkasnya. Ady