Kodam Jaya Peringati Hari Juang Kartika Ke 71

Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lakshamana saat hadir dalam peringatan Hari Juang Kartika di Serpong Tangerang Selatan (15/12)

KANALINDONESIA.COM, TANGERANG SELATAN: Hari Juang Katika yang jatuh setiap 15 Desember, memiliki makna tersendiri bagi setiap prajurit TNI-AD. Dimana 15 Desember 1945, Panglima Soedirman memimpin perlawaman heroik Tentara Keamanan Rakyat (TKR) melawan penjajah yang ingin kembali menguasai ibu pertiwi di Kota Ambarawa, Jawa Tengah.

Berbekal taktik ” Supit Urang” atau Capit Udang, TKR berhasil memukul mundur tentara sekutu ke Semarang. Akhirnya peristiwa ini diperingati setiap tahun dijadikan sebagai Hari Juang Kartika TNI-AD.

Tahun ini Kodam Jaya mengadakan menyambut peringatan Hari Juang Kartika ke 71, yang berlangsung di lapangan Bapeda Cilengang Tangsel, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan dengan inspektur upacara langsung dipimpin oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksamana, Kamis (15/12/2016).

“Tema yang ditetapkan pada Hari Juang Kartika tahun 2016 ini adalah Melalui Hari Juang Kartika Kita Mantapkan Jati Diri TNI AD dan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkarakter,” tegas Pangdam Jaya.

Dari pantauan kanalindonesia.com seusai upacara Pangdam Jaya TNI Teddy Lhasamana membuka resmi kegiatan Bakti Sosial yang ditujukan bagi warga setempat yang kurang mampu antara lain pengobatan umum, khitanan massal, pengobatan gigi, donor darah, operasi katarak dan operasi bibir sumbing juga pelayanan KB gratis.

Dalam acara itu dihadiri juga oleh Bupati Tangerang, Walikota Tangerang, Para Dandim, dan para Veteran, serta Kapolres Tangerang Selatan. (Ery ns)