Kolaborasi Baznas dan Telkom Luncurkan Layanan Chatbot Zakat Zavira

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan layanan Chatbot (Chatting Robot) Zakat bernama Zavira.

Layanan zakat virtual ini diluncurkan langsung oleh Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah dan GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto di kantor Baznas, Menteng, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

 

Prosesi peluncuran chabot zakat Zavira oleh Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah dan GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto di kantor Baznas, Menteng, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Dalam sambutannya, Anggota Baznas Emmy Hamidiyah mengatakan Chatbot merupakan layanan zakat secara virtual yang terdapat di aplikasi percakapan LINE, yang fungsinya memudahkan muzaki mendapatkan layanan zakat selama 24 jam.

“Zavira merupakan bagian dari inovasi zakat digital Baznas dalam bentuk artificial intelligence (AI) sebagai layanan kemudahan pembayaran zakat, infak, sedekah (ZIS) bagi muzaki melalui media sosial,” ujar Emmy Hamidiyah.

Ia menjelaskan, banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui Zavira ini. Cukup dengan menambahkan @BaznasIndonesia sebagai teman di menu official account LINE, pengguna dapat bertanya kepada Zavira seputar zakat, infaq dan sedekah.

Baca:  Presiden Akan Segera Terbitkan Aturan Mengenai RPJMN 2020-2024

“Zavira bisa juga sebagai Kalkulator Zakat. Di kanal ini pengguna LINE bisa mendapatkan informasi tentang cara penghitungan zakat penghasilan, zakat mal, bayar sedekah dan bayar zakat. Selain itu jika pengguna lain ingin mengetahui lebih dalam mengenai Baznas, Zavira menyediakan kanal informasi,” katanya.

Selain di LINE, Emmy juga mengajak masyarakat berzakat melalui platform lain seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram.

Menurutnya, zakat dapat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat. Sebab ada potensi besar untuk mengembangkan strategi pemanfaatan media digital sebagai instrumen pembayaran zakat.

Inovasi layanan zakat via aplikasi ini akan semakin meningkatkan penghimpunan zakat dari para muzaki. Jika dilihat dari angka, proporsi pengumpulan zakat melalui digital telah meningkat 3% pada 2017. Kemudian meningkat 6% pada 2018 dan mencapai 15% pada 2019.

Baca:  Baznas dan Mal Botani Square Hadirkan Parkir Khusus Bagi Muzaki

“Kami memperkirakan pada 2020 akan mencapai proporsi 30% dari pengumpulan berbagai strategi yang dikembangkan oleh Baznas,” katanya.

Foto bersama pimpinan Baznas dan Telkom usai peluncuran chabot zakat Zavira di kantor Baznas, Menteng, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

“Memasuki 2021 koleksi digital dapat didorong dalam porsi 50% lebih tinggi. Untuk itu kami akan terus tingkatkan pendekatan pembayaran zakat digital dalam upaya membantu pengentasan kemiskinan di Indonesia,” imbuh Emmy.

Sementara itu, GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto mengucapkan terima kasih kepada Baznas atas kepercayaan untuk berkolaborasi dalam penyampaian informasi dan penghimpunan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dari masyarakat.

“Zavira merupakan sebuah kolaborasi teknologi antara Baznas dan Telkom melalui platform Vutura yang merupakan total chatbot solution milik Telkom. Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan Baznas kepada Telkom untuk turut serta memberikan kontribusi dalam penyampaian informasi ZIS kepada masyarakat luas sehingga diharapkan dapat mempermudah proses pembayaran zakat, infak, dan sedekah yang dikelola oleh Baznas,” ungkapnya.

Baca:  Bareskrim POLRI Terima Laporan Dugaan Pungli Oleh 4 Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah

Rachmad berharap akan ada kerjasama lanjutan untuk inovasi digital dalam semangat memudahan memberikan pelayananan zakat.

“Semoga kedepannya kerjasama dan kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan impact yang lebih luas bagi masyarakat serta meningkatkan awareness masyarakat untuk menunaikan zakat, infaq, dan sedekah demi kemaslahatan umat,” tutur Rachmad. @Rudi