YPAAI Bekerjasama dengan Media Gala TV Taiwan, Gali Potensi Wisata Gua Ngerong.

para wisatawan asing dan media gala tv taiwan saat eksplorasi goa ngerong.

KANALINDONESIA.COM, TUBAN : Dalam rangka memajukan tempat wisata di Indonesia, khususnya tempat wisata yang ada di Tuban, Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia (YPAAI) yang merupakan wadah bagi aktifis pecinta lingkungan ini menggandeng media gala tv asal Taiwan untuk mengembangkan konsep susur gua dan di publikasikan ke beberapa negara untuk mengenalkan potensi wisata alam ini ke manca negara.

Ali Baharudin selaku pemilik YPAAI mengatakan, bahwa ini adalah konsep baru untuk mengenalkan wisata yang ada di Tuban.

“Ini merupakan konsep baru dalam dunia traveling, untuk tim yang melakukan wisata susur gua ini ada 6 orang dari Gala TV Taiwan, serta 2 orang pendamping. Untuk peralatannya menggunakan perahu karet 2 unit, serta peralatan lainnya.

Masih menurut Ali, kegiatan ini mempunyai target memperkenalkan wisata susur gua ke wisatawan manca negara.

”Kegiatan ini bertujuan mengenalkan konsep wisata susur gua, hal ini dikarenakan tidak semua daerah mempunyai potensi wisata seperti yang ada di gua Ngerong yang berada di Desa Rengel, kecamatan Rengel kabupaten Tuban,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakanya,”kami dari YPAAI berharap untuk mendatangkan wisatawan asing agar berkunjung ke area wisata gua yang tergolong mahal dan tidak semua orang bisa melakukan kegiatan trafeling ini. Moment awal mengenalkan wisata ngerong pada masyarakat secara umum dan secara khusus wisatawan asing. Untuk minggu depan rencananya ada wisatawan dari Portugal dan sebanyak 7 orang wisatawan asing, yang nantinya juga mempunyai misi yang sama yakni untuk mengenalkan wisata gua ngerong ke manca negara,” pungkasnya.(16/12/2016).

Mbah Samin(56) warga asli Rengel yang notabenya selaku juru kunci wisata gua ngerong, mejelaskan,” sejak tahun 1987 dan ini sejak dulu yang merupakan turun temurun sejak kakek buyut saya, menjadi juru kunci,” ungkapnya.

Masih menurut Mbah Samin, “awalnya kakek buyut saya di mintai tolong untuk mendoakan orang-orang kampung yang ingin berdoa di goa ini, selanjutnya ya itu jadi kebiasaan hingga sekarang,”terangnya.

Jimmy selaku gaet asal Surabaya mengatakan pengalamannya setelah menyusuri Gua Ngerong sungguh menakjubkan.

“Menurut sepengetahuan saya Gua Ngerong ini areal wisaya yang terkenal cukup mistis ternyata setelah masuk ke gua sunggguh menakjubkan dan konsep wisata susur gua ini sungguh memberikan sensasi berbeda untuk anda yang hoby traveling,” pungkasnya.(elo)