Baqoel Support 11.400 UMKM Horeka di Indonesia

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Baqoel, sebuah platform digital di bidang horeka (hotel, restoran dan katering) di bawah naungan PT. Arinofa Visi Karya Indonesia, mengklaim sudah mensupport 11.400 pelaku UMKM di bidang horeka dan kuliner di Indonesia.

“Target kami akhir tahun 2019 bisa mencapai lebih dari 12.000 UMKM,” ujar CEO Baqoel Dhian Arinofa, di Bintaro, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Kegiatan Baqoel support pelaku UMKM di Bintaro, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Dhian menjelaskan UMKM menjadi salah satu sektor penting perekonomian Indonesia yang terbukti membantu masyarakat agar menjadi lebih baik hidupnya.

Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik, dan United Nation Population Fund, memprediksi jumlah pelaku UMKM di Indonesia tahun 2019 sebanyak 58,97 juta orang.

Namun, masih ada kendala yang menghadang para pelaku UMKM. Salah satunya dari sisi promosi sehingga kurang mendapat perhatian masyarakat. Selain itu, Akses permodalan sangat sulit untuk di dapat bagi pelaku UMKM saat ini.

Kini, Kehadiran Baqoel di bawah naungan PT. Arinofa Visi Karya Indonesia hadir untuk menjawab tantangan bisnis dan siap menjadi mitra strategis bagi Horeka dan UMKM untuk memenuhi semua kebutuhan bahan baku kuliner dan perlengkapan dapur lainnya dengan cara yang lebih praktis dan harga ekonomis.

“Baqoel menyediakan berbagai produk Horeka seperti Sembako, Sayuran, Buah, Daging, aneka beverages hingga aneka produk kemasan secara pesan online. Kami melibatkan para pengusaha UMKM yang ada di bawah binaannya dengan kerjasama pihak kecamatan.dan kelurahan,” katanya.

Dhian berharap kehadiran Baqoel bisa membantu para pengusaha UMKM dan menjadi solusi permasalahan utama mereka khususnya dalam hal pemasaran produk dan persaingan pasar.

Selain itu, Baqoel menjadi solusi bagi pengusaha kecil dan UMKM untuk berani memulai bisnis dari sekarang.

Kegiatan Baqoel di Transmart Cibubur, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

“UMKM yang ingin menjadi binaan Baqoel bisa mendaftarkan diri secara gratis dan dapat memulai usahanya dengan berbelanja minimal Rp. 300 ribu free ongkir untuk wilayah Jabodetabek,” ungkapnya.

Ia menambahkan, para mitra UMKM ini akan diberikan pembinaan dari mulai pendampingan mulai dari supply bahan bakunya, hasil produksinya, akses permodalan, branding pemasaran, pelatihan pelatihan untuk meningkatkan etos kewirausahaan dan masih banyak benefit lainnya.

“Kami memberikan pelatihan, pendampingan secara gratis agar pelaku UMKM bisa survive dan maju usahanya,” tutur Dhian.

Ia juga menjelaskan upaya promosikan produk produk UMKM binaan, Di tanggal 22 Desember 2019 ini , Baqoel menggelar tiga event secara bersamaan di tiga titik. Dua event diantaranya adalah event Car Free Day (CFD) jalan kesehatan Bintaro, Pesanggrahan yang bekerjasama dengan Kecamatan Pesanggarahan Jakarta Selatan yang dimulai pukul 07.30-09.30, serta event CFD di Jl. Surya Pranoto Jakarta Pusat Kecamatan Gambir Jakarta Pusat yang dimulai pukul 06.00 – 07.00.

Dan event ketiga yakni kompetisi memasak yang di ikuti oleh 25 keluarga terdiri dari Aya, Ibu dan anak dengan tema Cooking with Moms & Kids dalam rangka memperingati Hari Ibu yang diadakan di Transmart Cibubur didukung oleh HCI dan beberapa product unggulan yang sudah terlisting di Baqoel seperti Enak Eco dan Win gasbyangbdi mulai Jam 10.30.

“Event CFD ini telah menjadi agenda rutin setiap minggunya dari Baqoel sebagai media promosi dan’ produk unggulan UMKM binaan, juga produk yang di supply lainnya seperti Paket sembako, air minum Le minerale, Delflco minyak goring kelapa, Garam Garena, Pitbull energy drink dan masih banyak lagi yang di jual di Baqoel,” tutur Dhian @Rudi