Dadang: amanah yang harus dirawat, Sarasehan SKW I Undang Petani Tambak

KEDIRI, KANALINDONESIA.COM – Sudah menjadi tradisi warga yang didukung aparatur desa, setiap tahun baru menyempatkan waktunya untuk kumpul dengan menggelar sarasehan yang diikuti dari berbagai elemen masyarakat setempat.

Bahkan ditahun sebelumnya, panitia juga mengundang Bupati Trenggalek, anggota DPRD Dapil Panggul, OPD terkait, BBKSDA Jatim, Perhutani, Kepolisian, Pokmaswas, LMDH, PKK dan warga Desa Wonocoyo.

Namun untuk tahun ini, panitia mengundang beberapa pengusaha tambak udang. Dikarenakan petani tambak udang belakangan kian marak di sekitar pantai selatan Desa Wonocoyo.

Dikutip bbksdajatim, Kerumunan warga Desa Wonocoyo yang terletak di selatan Trenggalek semarak. Pasalnya sebuah sarasehan akbar dalam rangka hari bakti digelar di Balai Desa Wonocoyo yang bertajuk “Ekosistem Terjaga Masyarakat Sejahtera”. Senin, (23/12/2019).

Baca:  Ritual Pengambilan Air Suci Suku Tennger

Beberapa materi terkait tema disampaikan narasumber diantaranya tentang Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Pantai Taman Kili – Kili serta manfaatnya bagi masyarakat yang disampaikan Kepala SKW I Kediri, Dadang Sugianto, B.ScF.

Tema Ekosistem Terjaga merupakan salah satu komponen dalam slogan Kabupaten Trenggalek, “Meroket”.

Meroket merupakan slogan gagasan Bupati Trenggalek yaitu singkatan dari “Maju Ekonomi Rakyatnya, Orang dan Organisasinya Kreatif, dan Ekosistem yang Terjaga”.

Dadang juga beranggapan, bahwa dengan segala potensi suber daya alam yang dianugerahkan di Desa Wonocoyo, tampaknya sarasehan sangat penting dilakukan untuk dilakukan secara rutin.

“Agar kekayaan alam yang dimiliki terjaga kelestariannya dan tidak hanya dianggap sebagai warisan yang bisa dihabiskan dalam sekejap, namun mendatangkan kesengsaraan bagi generasi yang akan dating,” jelas Dadang.

Baca:  Cara Unik Anwar Sadad Bagi Bagi Rejeki Untuk Masyarakat Terdampak Covid 19

Kekayaan alam yang selaiknya diperlakukan sebagai titipan, “Sebagai amanah yang harus dirawat sebaik baiknya agar dapat mendatangkan kebaikan untuk saat ini maupun masa depan”, pungkas Dadang.@bam