Jaring Bakat Pemain Sepak Bola Berbakat, KNPI Lamongan Gelar ESG di tiap Kecamatan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Festival Elementary Soccer Game (ESG) U-11 merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh DPD KNPI Kabupaten Lamongan untuk mewujudkan mimpi anak-anak terbaik dari seluruh wilayah di Kabupaten Lamongan. Anak-anak di Kecamatan Kalitengah pun memiliki kesempatan yang sama, di mana kali ini Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kalitengah pun menggelar acara tersebut untuk menjaring bibit-bibit pesepak bola berbabat diusianya.

Dengan diikuti dari 125 anak dari lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), 40 anak terpilih berkesempatan mewujudkan mimpinya itu. Proses seleksi akan digelar pada 26 Desember 2019, di mana pada kesempatan tersebut akan dipantau oleh talent scout yang terdiri dari ahli-ahli di bidang sepak bola.

Ketua PK KNPI Kalitengah, Syaiful dalam pembukaan ESG 2019 mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin dari KNPI Kabupaten Lamongan untuk mengisi liburan serta mencari bibit pemain sepak bola dari wilayah Lamongan.

“Sebanyak 125 pemain dari 13 lembaga tingkat dasar se-kecamatan bersaing dalam festival ini. Tujuannya, mengisi libur panjang dengan kegiatan positif. Nanti nama-nama pemain yang lolos akan kami informasikan ke lembaga masing-masing,” ujarnya, Kamis (26/12/2019).

Syaiful juga menuturkan, dari 125 peserta akan diseleksi dan diambil 40 pemain terbaik untuk dilatih oleh tim pelatih Puslatcam (Pusat Pelatihan Kecamatan) yang sudah mengikuti coaching clinic. Coaching clinic itu sendiri diselenggarakan DPD KNPI Kabupaten Lamongan beberapa waktu lalu di stadion Surajaya Lamongan dengan mendatangkan pelatih Persela Nil Maizar.

“Nanti 40 pemain yang lolos seleksi akan dilatih selama tiga bulan dan akan diikutkan kompetisi antar Kecamatan se-Kabupaten Lamongan yang diselenggarakan DPD KNPI,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Kecamatan Kalitengah, pembukaan dihadiri jajaran Forkopimcam Kecamatan Kalitengah. Syaiful juga berharap peran serta orang tua memberikan dorongan anak-anaknya melakukan aktivitas dan kegiatan positif. Menurutnya, bila perlu paksakan kegiatan positif pada anak. Pemerintah juga akan memberikan support pada anak muda Lamongan agar selalu berprestasi.(omdik)