Hercules A-1334 Yang Jatuh di Dekat Wamena, Pesawat Dibeli dari RAAF Februari 2016 Lalu

istimewa

KANALINDONESIA.COM, WAMENA : Pesawat Hercules C-130 seri H dengan nomor A-1334 yang jatuh di Wamena, dibeli dari Royal Australian Air Force (RAAF) pada 8 Februari 2016 lalu.

Pengoperasian pesawat oleh TNI AU ini tergolong baru. Sebelumnya pesawat angkut C-130H Hercules A-1334 telah dijual ke TNI AU setelah menjalani pemeliharaan dan pekerjaan modifikasi di Pangkalan RAAF Richmond.

Ada empat sejenis yang ditawarkan untuk dikirim ke TNI AU. Sedangkan lima pesawat C-130Hs lainnya, bersama dengan simulator dan suku cadang, yang dijual ke TNI-AU diberikan dengan tarif potongan harga.

Pemerintah melakukan pembelian pesawat C-130Hs dan dioperasikan TNI AU  adalah dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kapasitas Indonesia dalam merespon bencana alam dan krisis kemanusiaan.

Pesawat Hercules C-130H dengan regristrasi A-1334 ini tiba di Lanud Abd Saleh pada 02 Maret 2016 lalu, sempat disambut apel tradisi yang dipimpin Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI H RM Djoko Senoputro, bersama pejabat lain, seperti Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Wisoko dan Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Sugeng Budiono, di Lapangan Apel Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh.

Acara tradisi itu ditandai penyiraman air bunga oleh Danlanud Abd Saleh ke moncong pesawat Hercules A-1334, sebagai tanda bahwa pesawat itu resmi memperkuat jajaran Skadon Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh. Danlanud juga membuka penutup badge skadron udara 32 yang berada di sebelah kiri pesawat.