Jogo Bumi, Polres Ponorogo Tanam 3000 Bibit Pohon di Bukit Tapak Jaran

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Polres Ponorogo bersama Bhayangkari dan elemen masyarakat melakukan penanaman bibit pohon di Tapak Jarak Dawetan, Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jatim, Jumat(10/01/2020).

Dalam pelaksanaan penghijauan yang merupakan instruksi dari Kapolri Jendral Idham Azis, dengan mengambil tema “Jogo Bumi Untuk Masa Depan” ini tak kurang dari 3000 bibit pohon ditanam bergotong royong.

Penanaman sendiri terbagi dalam beberapa titik, dimana untuk Desa Caluk, Kecamatan Slahung ini penanaman dilakukan di 8 titik dengan jumlah 1600 bibit pohon yang ditanam. Sementara sisanya tersebar di 21 titik yang berada di wilayah hukum Polres Ponorogo.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Caluk Sutonowo menyampaikan,”kami ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Kapolres dan Dandim yang telah sampai di desa kami dengan background pegunungan yang terletak di lereng perbatasan Pacitan ini. Semoga Allah SWT memberi ridho serta berkah, rohmat dan jariyah untuk kita, keluarga dan anak cucu kita,”ucapnya.

Baca:  Dosen PTS di Surabaya Suka Nyabu, Sementara Berhenti Mengajar

Dikatakan Sutonowo bahwa pihaknya sudah merintis upaya penghijauan di Bukit Tapak Jaran ini sejak 3 tahun lalu, Karena dirasa masih kurang rimbun maka dengan adanya penghijauan hari ini sangat membantu dalam menjaga kelestarian alam dan sumber air.

“Semoga penanaman yang diawali oleh Kapolres dan Dandim pagi dapat tumbuh subur, bisa kita rasakan dan bermanfaat untuk warga Kecamatan Slahung,”tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto dalam sambutanya menyampaikan,”kita akan melaksanakan penanaman ponon dalam rangka kita berikthiar untuk menjaga bumi kita, agar masa depan anak cucu kita dapat terjaga dengan baik, alam kita terjaga dengan baik, sehingga kita tidak meninggalkan kerusakan dan kepunahan alam di masa mendatang,”kata Kapolres.

Baca:  HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke-40, Polres Ponorogo Gelar Lomba Dongeng Cerita Rakyat

Dikatakan Kapolres,”kegiatan ini merupakan program dari Polri yang terpusat, dilaksanakan serentak pada tanggal 10 Januari ini dan di Ponorogo kita laksanakan di sini, karena disini terdapat beberapa sumber mata air, sumber ini apabila tidak kita jaga akan mati. Melalui program ini diharapkan kita dapat menjaga kelestarian sumber mata air, sehingga musim kemarau kita tidak akan kekurangan air dan tidak terjadi banjir saat hujan karena tidak ada tanaman yang menyerap air di sekitar pegunungan, apalagi sampai terjadi tanah longsor,”tegasnya.

Lebih lanjut disampaikanya,”melalui kegiatan ini kami mengajak kepada semua yang hadir dan terlibat dalam penghijauan ini untuk terus menggalakkan kegiatan menanam dan kedepan kita bersama dengan elemen masyarakat bisa melaksanakan gerakan penghijauan dengan continyu, sehingga bumi kita dapat terjaga dan tetap terawat dengan baik,”pungkas AKBP Arief Fitrianto.

Baca:  Ingin Menjadi Bagian dari Solusi Covid-19, FDS Bagi-Bagi Masker ke Pedagang Pasar Danyang