Unhan Peringati Hari Bela Negara di Atas KRI Tanjung Kambani 971

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Mahasiswa dari Universitas Pertahanan (Unhan) dan prajurit KRI Tanjung Kambani 971 melaksanakan peringatan Hari Bela Negara dengan melaksanakan upacara di atas geladak KRI Tanjung Kambani 971, selaku inspektur upacara adalah Kepala Biro Akademi dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Tamzil,Msi (HAN) Senin. (19/12/2016)

Sambil melakukan pelayaran (Joy Sailing) dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara menuju perairan Teluk Jakarta melaksanakan upacara Tabur Bunga di laut dalam rangka memperingati Hari Bela Negara.

Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember. Penetapan ini melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara yang isinya diantaranya menetapkan setiap 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.

Dalam upacara tersebut Irup melarungkan karangan bunga ke laut dan diikuti oleh peserta upacara lainnya untuk memperingati perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur berjuang di laut.

Selesai melaksanakan upacara Tabur Bunga para mahasiswa ini mendapat pembekalan dari perwira KRI Tanjung Kambani 971 menambah wawasan mereka tentang kapal perang yaitu Safety Briving tentang tatacara penggunaan Sweempes hingga peran peninggalan kapal dengan menggunakan Left kraft, tentang persenjataan yang dimiliki Kapal Perang TNI Angkatan Laut, masalah kebaharian, tentang navigasi laut, dunia kemaritiman serta masalah kewajiban bela Negara bagi setiap warga Negara Indonesia.

Pada pantauan kanalindonesia.com dikesempatan ini para mahasiswa mendapat penjelasan tentang tugas pokok Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai Pembina Angkutan Laut Militer dan Pembina Angkutan Laut Nasional. Juga menyaksikan tayang visualisasi tentang profil Kolinlamil dan tugas-tugas yang telah dilaksanakan Kolinlamil.

Komandan KRI Tanjung Kambani 971 Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, SE selaku pemimpin pelayaran upacara Tabur Bunga peringatan Hari Bela Negara kepada para mahasiswa memberikan keleluasaan untuk bertanya untuk mengenal lebih banyak tentang kapal perang dan hal-hal yang terkait dengan kemaritiman. Termasuk asal usul KRI Tanjung Kambani 971 dan misi-misi operasi yang pernah dan telah dilaksanakan.

Diakhir pelayaran kedua instansi melaksanakan tukar menukar cindera mata. Pada kesempatan tersebut Kepala Biro Akademik & Kemahasiswaan Brigjen TNI Tamzil ,Msi (HAN) selaku pemimpin rombongan mahasiswa Unhan juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H atas dukungan terselenggaranya kegiatan upacara Tabur Bunga peringatan Hari Bela Negara tahun 2016.

” Kami berharap generasi muda kita akan bisa lebih mencintai akan bangsa ini yaitu bangsa yang berbasiskan Maritim “, pungkasnya.

( ery ns)