Dikabarkan Siap Maju Bacawabup Ponorogo, Berikut Penjelasan Bambang Juwono

BAMBANG YUWONO, Ketua DPC PDIP Ponorogo
BAMBANG YUWONO, Ketua DPC PDIP Ponorogo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Dikabarkan siap maju sebagai bakal calon wakil bupati(Bacawabup) yang dipasangkan dengan salah satu kandidat calon bupati (Cabup) Ponorogo, ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo Bambang Juwono segera memberikan klarifikasi.

Melalui sambungan telephune seluler, Bambang Juwono menjelaskan, jika dirinya tidak ada rencana ataupun niat untuk ikut mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Ponorogo.

“Tidak benar mas, hari ini juga tidak ada wawancara terkait pencalonan itu, saya baru tiba dari NTB, ini masih di bandara,”ucap Bambang Juwono kepada kanalindonesia.com  melalui sambungan telephune seluler.

Pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim dari PDI Perjuangan ini mengatakan, jika kesiapan yang dimaksud yaitu kesiapan secara partai.

Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo menambahkan, untuk penentuan rekomendasi partai terkait Pilkada 2020 di Ponorogo saat ini sedang diproses di DPP PDI Perjuangan. Karena hanya DPP partailah yang berwenang memberikan rekomendasi. Dan hingga saat ini DPC belum tahu siapa nantinya yang akan mendapatkan rekomendasi.

“Ada 3 opsi yang mesti dipilih, yang pertama bersinergi dengan incumbent, tentunya konsekwensinya sebagai wakil, kedua hanya menjadi partai pendukung, ketiga maju dengan mengusung calon sendiri. Tiga opsi itu tentu harus dipertimbangan dengan matang sesuai realitas dan dinamika politik yang berkembang di Ponorogo. Apapun nanti yang menjadi keputusan DPP Partai, maka kami maknai sebagai perintah yang harus dilaksanakan. Termasuk, jika DPP memerintah kami (DPC PDI Perjuangan)  mendampingi incumbent, tentunya kami siap. Kami dalam hal ini adalah DPC PDI Perjuangan Ponorogo. Bukan saya pribadi,” tegas Bambang Juwono.

Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo menanggapi isu yang beredar jika dirinya siap menjadi Bacawabup Ipong Muchlissoni mengatakan, “karena dalam proses penjaringan di tingkat DPC dulu ada tiga tokoh yang mendaftar. Yakni Suhardo, Lisdyarita dan Ipong Muchlisonni. Tidak ada nama Bambang Juwono. Seandainya saya berniat ikut kontestasi Pilkada di Ponorogo, maka saya akan ikut mendaftar. Tapi kan saya tidak mendaftar,”tuturnya.

Dikatakan Bambang,”kami berharap proses yang masih berlangsung di DPP PDI Perjuangan dihormati. Sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat Ponorogo akan Pilkada yang sejuk, damai dan aman bisa terwujud. Itulah cita-cita semua masyarakat Ponorogo. Kami- kami ini adalah kader-kader partai dan petugas partai. Maka dalam konteks Pilkada Ponorogo pun apa yang menjadi rekomndasi dan perintah partai akan kami laksanakan dengan tegak lurus. Temasuk dari 3 opsi tersebut, mana yang diperintahkan Partai. Apa harus mendukung incumbent atau mengusung calon sendiri menghadapi incumbent, maka kami siap melaksanakan perintah partai,”pungkasnya.