Harlah ke 4 ISJTP, Nobatkan Lisdyarita Sebagai Biyungnya Seni Jaran Thek

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Ikatan Seni Jaran Tek Ponorogo(IKSJTP)  menobatkan Lisdyarita menjadi Biyungnya Seni Jaran Tek Ponorogo bersamaan dengan Harlah ke-4 IKSJTP yang dihelat di monumen Bantarangin, Kauman, Ponorogo, Minggu(19/01/2020).

Dihadapan ratusan peserta dan penonton yang mememenuhi lapangan monumen Bantarangin, Yuli Rohmawati ketua Ikatan Seni Jaran Tek Ponorogo secara simbolis telah menobatkan dan mengukuhkan wanita pengusaha ini sebagai biyungnya Ikatan Seni Jaran Tek Ponorogo.

”Agar seni jaran tek ini bisa lebih terangkat lagi, khususnya di Ponorogo. Hal ini sangat penting selain untuk melestarikan budaya dan seni tradisional, mendampingi kesenian Ponorogo yang lain diantaranya yaitu Reog, Ludruk, Ketoprak, Gajah-gajahan, Wayang Kulit dan masih banyak lagi,”ucap wanita pengusaha ini.

Dikatakan Lisdyarita, dengan semakin terangkatnya seni Jaran Tek, hingga keluar daerah ini akan berbanding lurus dengan kunjungan wisata, sehingga diharapkan juga akan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Ponorogo, dan akan memberikan site efek positip bagi perekonomian masyarakat Ponorogo.

“Seni tradisional jaranan thek ini kalau bisa lebih kreatif, dan inovatif agar tetap lebih maju dan tambah diminati masyarakat banyak juga diminati generasi muda milenial seperti saat ini. Selain itu, kelompok seni atau komunitas yang ada harus saling menjalin komunikasi satu dengan yang lain agar kompak dalam berjuang melestarikan budaya yang ada,”tutur Wanita yang akrab disapa Bunda Rita ini.

Ditambahkanya,”peran aktif pemerintah daerah sangat diperlukan, khususnya bidang seni budaya dan pariwisata, melalui pembinaan-pembinaan yang riil, merawat, mempromosikan dan melestarikan karena ini adalah salah satu kekayaan kita,”pungkasnya.

Sementara itu ketua Ikatan Seni Jaran Tek Ponorogo(ISJTP) Yuli Rohmawati mengatakan,”perhelatan ini selain memperingati berdirinya IKSJP, sengaja kami mengukuhkan Bunda Rita sebagai Biyungnya seni jaran Tek di Ponorogo,”ucapnya.

Dikatakan Yuli, pengukuhan Lisdyarita sebagai Biyungnya Seni Jaran Tek ini bukan hal tiba-tiba, karena menurutnya, Lisdyarita selain sangat peduli juga sudah sejak lama selalu memberikan suport untuk kemajuan seni jaran tek khususnya di Ponorogo.