Sambut Ramadhan 1441 H, Baznas Konsolidasi Relawan Zakat

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan konsolidasi dan membangkitkan kembali semangat para relawan zakat melalui acara ngobrol santai bertajuk “Bincang Zakat” di Kantor Pusat Baznas, Matraman, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Dihadiri kurang lebih 150 peserta, kegiatan ini menampilkan pembicara antara lain Kepala Divisi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nasional Bazas Faisal Qosim, Lc, Kepala Divisi Retail Nasional Baznas Fitriansyah Agus Setyawan serta perwakilan dari Qurma.id dan Narobil.

Acara Bincang Zakat di Kantor Pusat Baznas, Matraman, Jakarta, Rabu (29/1/2020).0

Kepala Divisi Retail Nasional Baznas Fitriansyah Agus Setyawan mengatakan, bulan suci Ramadan menjadi Bulan yang penting bagi pengelola zakat dalam memberikan layanan kepada para muzaki dan mustahik.

“Bersama para relawan muda yang dengan ikhlas berjuang menegakkan syiar zakat, Baznas akan berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan zakat pada bulan suci Ramadan dimana masyarakat berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah dan mengamalkan amalan sholehnya,” ujar Fitriansyah Agus Setyawan.

Fitriansyah menjelaskan dengan digelarnya acara ini dapat meningkatkan motivasi para relawan dalam pengumpulan zakat di bulan Ramadhan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi para mustahik.

Kepala Divisi Retail Nasional Baznas Fitriansyah Agus Setyawan (baju putih kanan) sedang memberikan pembekalan relawan zakat di acara Bincang Zakat, Kantor Pusat Baznas, Matraman, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

“Kami menanamkan kembali kepada para relawan mengenai peran zakat, infak, sedekah dalam membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Lewat ngobrol santai, sharing, dan pemberian motivasi ini diharapkan para peserta akan bertambah ilmu dan pengetahuan untuk diamalkan bukan hanya selama bertugas sebagai relawan namun juga dalam kehidupan sehari-hari mereka,” jelasnya pria yang akrab disapa Ustadz Aan ini sumringah.

Sementara itu, Founder Qurma.id, Hanno mengatakan, pihaknya ingin melibatkan relawan Baznas dalam meningkatkan perekonomian umat lewat program “Masjid Corner”.

“Masjid Corner adalah sebuah program pembangunan ekonomi keumatan berbasis masjid yang bekerja sama secara khusus dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Pada kesempatan ini kami mengajak seluruh relawan Baznas untuk berkolaborasi dengan Masjid Corner,” paparnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Bisnis Development Narobil, Heineman Achmad bahwa pihaknya juga ingin melibatkan relawan menjadi Agent Narobil, untuk ikut membantu memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan termasuk di dalamnya melaksanakan pembayaran kurban.

“Dengan melibatkan relawan Baznas sebagai Agent Narobil, selain fokus utama mensyiarkan zakat dan melayani mustahik, kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemasukan para relawan,” tutur Heineman. @Rudi