Royco Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Melalui Nutrimenu

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Royco, meluncurkan program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ guna bantu Ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak.

Program ini adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah Garut untuk mendukung program Isi Piringku yang merupakan penerapan dari Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai upaya pencegahan risiko ketidakseimbangan gizi.

Press conference Royco Luncurkan Program Nutrimenu untuk Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia” di Seribu Rasa Gunawarman, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, Royco juga ungkap fakta perubahan positif perilaku Ibu melalui program ini yang telah diselenggarakan pada akhir 2019 lalu di Kabupaten Garut, Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki tingkat prevalensi tinggi akan ketidakseimbangan gizi.

Hernie Raharja, Director of Foods & Beverages PT. Unilever Indonesia, Tbk menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk membantu para Ibu untuk menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi. Terlebih saat ini Indonesia alami darurat ketidakseimbangan gizi, dimana menurut Riskesdas tahun 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang yang ditandai dengan besarnya angka stunting dan obesitas pada anak.

Baca:  HUT ke-75 RI, Pepsodent Luncurkan Produk Spesial Merah Putih

“Kehadiran program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ semocga dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang yang tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan generasi masa depan Indonesia,” ujar Hernie.

Menurutnya, prrogram Royco Nutrimenu ini merupakan rangkaian kegiatan edukasi yang diawali dengan Training of Trainers (ToT) kepada kader kesehatan dari TP-PKK dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, dan praktek memasak resep Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku. Lebih lanjut, para kader pun dibekali dengan media edukasi dan buku harian Royco Nutrimenu untuk mengedukasi ibu-ibu di lingkungan sekitarnya dan memberikan pendampingan untuk mengimplementasikan praktek memasak Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku selama 21 hari.

Baca:  Dove Hairlympic Studio sambangi 10 Kota di Indonesia

“Untuk mengukur manfaat dari program ini, kami bekerjasama dengan IPB University melakukan penelitian untuk melihat adanya perubahan perilaku dari para Ibu sebagai indikator efektivitas implementasi program,” katanya.

Menyambung perkataan Hernie, Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University, memaparkan, hasil riset edukasi yang dilakukan.

Bahwa keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa program Royco Nutrimenu “Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku” telah memberikan peningkatan signifikan bagi pengetahuan gizi, sikap dan praktek para Ibu, untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku.

“Sekitar tiga per empat peserta program Royco Nutrimenu atau 75% kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar,” ungkap Prof. Dodik.

Baca:  Bantu Warga Terdampak Corona, Di Malang Sri Untari Bagi Bagi Sembako Untuk Warga Yang Tak Mampu

Dalam Royco Nutrimenu ini juga diperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan untuk menginspirasi Ibu mempersiapkan masakan yang lezat, sehat dan terjangkau. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau.

“Porsi makanan yang dianjurkan adalah setengah piring terdiri dari buah dan sayur, dan setengah piring sisanya adalah sumber karbohidrat dan lauk-pauk dengan proporsi seimbang. Menyiapkan menu bergizi seimbang, sebenarnya tidak sulit, dengan hadirnya Royco Nutrimenu bisa membantu Ibu dalam menyiapkan masakan lezat sesuai Isi Piringku. Contohnya sup ayam daun kelor, dimana daun kelor kaya akan protein, vitamin C, zat besi, potasium dan nutrisi penting lainnya,” tutur dokter gizi, dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK.@Rudi