Malaysia Kampanyekan Visit Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 di Indonesia

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — Malaysia secara resmi melakukan kampanye kunjungan Malaysia of Healthcare Travel 2020 (MyHT 2020) di Indonesia yang sekaligus bersamaan kampanye pariwisata Visit Malaysia 2020.

Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer dari Malaysia Healthcare mengatakan kampanye ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan wisata kesehatan di Malaysia kepada masyarakat Indonesia.

Press conference kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

“Kami ingin mengundang wisatawan kesehatan untuk dapat merasakan perawatan yang khas di Malaysia, dengan layanan end to end services yang bebas hambatan dan mudah. MyHT 2020 juga menawarkan perjalanan kesehatan holistik bagi para wisatawan kesehatan melalui tempat yang nyaman  di Malaysia dari sebuah negara yang indah”  ujar Yazmin kepada Kanalindonesia.com pada acara Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

Ia menjelaskan, MyHT 2020 merayakan pentingnya kesehatan fisik dan mental dengan mengajak masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dan kesejahteraan di Malaysia, serta menikmati berbagai atraksi wisata di Negeri Jiran.

Menurutnya, negeri serumpun Indonesia ini merupakan negara untuk tujuan perawatan kesehatan nomor satu  menurut The Global Market Report 2018 yang dikeluarkan oleh LaingBuisson. Dikenal luas dengan julukan ‘World Healthcare Marvel’, Malaysia telah berkembang menjadi destinasi perjalanan kesehatan kelas dunia yang sukses dalam waktu singkat serta diakui oleh berbagai rekan industri dan pakar kesehatan di seluruh dunia.

Pencapaian lainnya, Malaysia telah diakui sebagai “Best Country in the World for Healthcare” dari 2015 hingga 2019 oleh International Living yang berbasis di Amerika Serikat dan “Destination of the Year” untuk perjalanan kesehatan oleh International Medical Travel Journal yang berbasis di Inggris dari 2015 hingga 2017, penghargaan tersebut dinilai berdasarkan kriteria kualitas, aksesibilitas dan keterjangkauan.

“Kami ingin menawarkan kemudahan bagi pasien Indonesia untuk mendapatkan informasi dan perawatan kesehatan dengan kualitas berkelas dunia, mudah diakses, serta mengedepakan keselamatan pasien serta biaya perawatan terjangkau. Keselamatan pasien adalah prioritas utama bagi kami. Penyedia layanan kesehatan dan perawatan kesehatan dipantau secara ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia,” ungkapnya.

Yazmin menuturkan, Kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 juga mengajak para wisatawan kesehatan untuk dapat peduli kepada kesehatan mereka dengan tindakan pencegahan dengan rajin berolahraga dan rutin melakukan medical checkup.

“Kampanye MyHT 2020 ini mengajak wisatawan kesehatan untuk dapat peduli kepada kesehatan mereka, oleh karena itu melalui event Car Free Day Fun ini kami mengadakan olahraga bersama seperti Zumba dan Cardio Dance, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih peduli dengan kesehatan mereka dan melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan medical checkup,” katanya.

Olahraga bersama seperti Zumba dan Cardio Dance pada kampanye Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 di Car Free Day, Senayan, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

“Selain Car Free Day Fun, tanggal 6-9 Februari 2020 kami juga mengadakan Expo Rumah Saki. Ini semua merupakan rangkaian dari kampanye MyHT 2020 yang akan ada 16 rumah sakit yang hadir dan menawarkan paket perawatan di Malaysia,” tambah Yazmin.

Sementara itu, Direktur Tourism Malaysia Jakarta, Roslan Othman mengungkapkan destinasi wisata di Malaysia menawarkan berbagai macam atraksi wisata yang mengagumkan, mulai dari wisata alam, belanja, sejarah, kuliner serta yang juga mulai banyak diminati, yaitu perawatan kesehatan atau medis.

“Dengan adanya kampanye Visit Malaysia 2020 ini diharapkan jumlah wisatawan dari seluruh dunia ke Malaysia akan meningkat, khususnya dari Indonesia. Visit Malaysia 2020 adalah agenda nasional Kerajaan Malaysia untuk meningkatkan kedatangan wisatawan ke Malaysia. Kami menargetkan 30 juta wisatawan datang ke Malaysia pada 2020, dan 4 juta diantaranya adalah dari Indonesia” ungkap Roslan.

Kampanye MyHT 2020 di Indonesia akan mengadakan serangkaian acara seperti Malaysia Healthcare Expo (MHX) yang akan diadakan di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. Selama Malaysia Healthcare Expo (MHX) penyedia layanan kesehatan akan menawarkan paket layanan kesehatan eksklusif untuk wisatawan kesehatan bersamaan dengan MyHT 2020.

Awal tahun ini, Malaysia Healthcare juga baru saja meluncurkan kampanye “Harapan 2 Garis” dalam mendukung dan membantu pasangan yang ingin mendapatkan si buah hati melalui program IVF/Bayi Tabung di Malaysia secara gratis. @Rudi