Jenazah Gus Sholah Tiba Di Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah saat dibawa masuk ke dalem kasepuhan Ponpes Tebuireng (foto: Elo_kanalindonesia.com)

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Tiba sekitar pukul 13.03 WIB, di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, jenazah Gus Sholah disambut iringan doa oleh santri dan toko nasional.

Sejumlah tokoh yang datang untuk menghadiri prosesi pemakaman Gus Sholah. Mulai dari pengacara kondang Hotman Paris hingga KH Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Tampak juga mantan menteri pendidikan dan kebudayaan Mohammad Nuh, yang kini menjadi ketua Dewan Pers juga hadir mengikuti proses pemakaman Gus Sholah.

Usai tiba di rumah duka, selanjutnya jenazah Gus Sholah disalati di Masjid Ponpes Tebuireng. Tampak sejumlah dzurriyah dan santri khusuk melakukan salat ghoib.

Sesuai dengan hasil musyawarah keluarga nantinya lokasi liang kubur yang disiapkan untuk Gus Sholah oleh pengurus pondok ini berada tepat di sisi utara makam ayah dari Gus Sholah, yakni KH Abdul Wahid Hasyim.

Baca:  Usung 30 Bacaleg, Perindo Ponorogo Targetkan Dua Kursi Per Dapil

Lokasi liang kubur yang nantinya digunakan untuk memakamkan Gus Sholah ini juga tidak jauh dari makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Tepatnya di sebelah barat makam Gus Dur, berjarak 1,5 meter.

Menurut keterangan Pengurus PP Tebuireng Jombang KH Fahmi Amrullah, lokasi peristirahatan terakhir Gus Sholah ini dipilih keluarga dari hasil musyawarah keluarga pondok.

“Setelah kita cek dan kita lihat, yang memungkinkan itu di sebelah baratnya Gus Dur. Satu setengah meter di sebelah barat makamnya Gus Dur,” ujar Gus Fahmi pada sejumlah jurnalis di lokasi PP Tebuireng Jombang, Senin (03/02/2020).

Gus Fahmi juga menjelaskan bahwa tidak ada pesan atau permintaan dari almarhum Gus Sholah ke pihak keluarga pondok untuk lokasi pemakaman.

Baca:  Diduga Saling Klaim Kepemilikan Tanah, Warga Nekat Bangun Tembok di Depan Pintu Rumah Tetangga

“Yang jelas keluarga tidak pernah mendapatkan pesan atau wasiat dari beliau (Gus Sholah, red) minta dimakamkan. Tidak ada,” pungkasnya.(elo)