SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Ajakan “Move On”Gubernur Jatim untuk masyarakat dimasa pandemi, langsung ditanggapi anggota Pansus RPJMD DPRD Jatim dengan juga mengajak Khofifah Move on mengoptimalkan dulu penyerapan belanja pemerintah.

“Kalau sudah oke, baru ajak semua orang bisa move on. Lha ini investasi, eksport dan import, konsumsi mengalami penurunan. Padahal ini instrument yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Jatim” kritik Fawaid Jumat (13/8/2021).

Menurut politisi Gerindra ini,
Salah satu yang diharapkan untuk menyelamatkan pertumbuhan ekonomi yang ujungnya pengentasan kemiskinan dan terciptanya lapangan kerja adalah government expenditure atau pengeluaran pemerintah.

Pria yang juga bendahara Gerindra Jatim ini mengatakan dari data yang ada pengeluaran atau belanja pemerintah belum optimal sampai bulan Agustus 2021 belanja baru dilakukan kisaran 50 persen.

”Tentunya menurut hemat saya di bulan Agustus harus bisa belanja lebih, tentunya dikhususkan pada padat karya. Pasalnya, sekarang ini banyak korban PHK dan pengangguran. Kalau saat ini dilakukan padat karya, tentunya akan menguranginya terutama di pedesaan,”jelas pria yang juga Presiden Laskar Sholawat ini.

Pria yang akrab dipanggi Gus Mufa ini menjabarkan dari government expenditure ini, Pemprov harusnya bisa membantu menyelamatkan ekonomi Indonesia.” Lihat tahun 1998 Indonesia masuk krisis, 2008 terancam krisis dimana yang bisa menyelamatkannya adalah sector usaha menengah kecil. Maka salah satu solusinya adalah membuat pengaduan atau pengawalan bagi UMKM untuk mendapatkan relaksasi dari perbankan misalnya Bank Jatim,”lanjutnya.

Tanpa ada bantuan Perbankan, sambung gus Mufa,usaha kecil menengah tersebut akan mati ditengah pandemi covid,”jelasnya.
Dari government expenditure ini, kata Gus Mufa, keterlibatan ponpes harus dimaksimalkan oleh Pemprov Jatim. “ Kita lihat pasti di dekat ponpes perekonomian masyarakat selalu naik. Itu belum dilibatkan sudah bisa meningkatkan perekonomian, apalagi kalau dilibatkan, tentunya akan lebih maksimal lagi pesantren menaikkan perekonomian masyarakat,”jelasnya. Nang

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here