Muhammad Ongki

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Di masa pandemi Covid-19, banyak pelaku bisnis terkena dampak mulai dari penurunan omzet, kerugian hingga tutup usahanya dan modal usaha habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun, berbeda dengan Muhammad Ongki yang sukses menggeluti bisnis online yang kian dilirik generasi milenial. Selain tidak memerlukan tempat atau ruang kerja yang besar, berbisnis dengan cara online konon lebih menguntungkan, asalkan teknik berbisnis yang diterapkan benar.

Kesuksesan yang diraih Ongki yang kini dikenal sebagai seorang pengusaha muda sukses, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ongki menjelaskan di era saat ini tidak di pungkiri industri digital, mobile games dan teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang sangat pesat. Seiring dengan berjalannya waktu, ia pun menyadari bahwa dirinyaharus bisa mengikuti alur perkembangan agar tidak ketinggalan zaman.

Pria berusia 24 tahun ini melihat semakin banyak lahirnya generasi pemuda-pemudi milenial kreatif dan hebat pada saat ini. Tidak sedikit dari mereka telah membuat perubahan ke arah yang lebih maju. Inilah salah satu hal yang mendorongnya untuk sukses.

Data menyebutkan, pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia meningkat sangat signifikan setiap tahunnya. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Asia. Nilai ekonomi digital di Indonesia bahkan diproyeksi melesat dari US$ 40 miliar pada tahun ini menjadi US$ 130 miliar atau setara Rp 1.820 triliun pada tahun 2025.

Muhammad Ongki adalah salah satu contoh pemuda milenial yang sukses memanfaatkan peluang bisnis industri digital, mobile games dan teknologi yang sangat besar potensinya.

Pria kelahiran Jakarta pada 1997 ini sudah menjalankan bisnis sosial media marketing, internet marketing, berjualan voucher game, tiket konser pertunjukan, dan lain-lain sejak 2015, saat masih menginjak bangku Sekolah Mengengah Atas (SMA).

“Saya memulai usaha dari komunitas-komunitas group facebook, sampai forum kaskus, Dari Facebook Min Young Ki, saya mendapatkan banyak pemasukan dan begitu juga dengan teman dan relasi yang terbangun,” ujar Muhammad Ongki dalam perbincangan dengan Kanalindonesia.com di Jakarta, Jum’at (13/8/2021).

Namun, seiring dengan berjalannya waktu Facebook mulai kurang diminati oleh pemasang iklan atau advertiser, Ongki memutuskan untuk beralih ke Instagram. Alhasil, sampai saat ini Ongki sudah memiliki akun Instagram yang bernama @sheongki dan memiliki kurang lebih 285.000 pengikut.

Pengalaman karir yang telah dimiliki Ongki dapat dikatakan sangat banyak. Dirinya memulai karir pekerjaannya pada 2016. Selama dua tahun, Ongki bekerja disalah satu perusahaan Technology Agency yang fokus bergerak pada pembuatan dan pengembangan aplikasi bisnis e-commerce yang berbasis Android, IOS dan Website, sebagai Content and Social Media Creative Manager.

Lalu pada tahun 2018 sampai dengan 2019, dirinya pernah bekerja di salah satu Perusahaan Teknologi Nasional di Indonesia , sebagai Team Leader Social Media and Internet Marketing Manager. Dan sejak 2016 sampai dengan 2019, Ongki adalah seorang Pengusaha yang aktif dalam dunia gaming dan Influencer, Ongki juga aktif dengan Google AdSense sampai saat ini.

“Saya melihat besarnya potensi peluang dalam industri digital dan teknologi mendorong saya untuk bergabung membangun bisnis digital. Bersama partner Rizki Septiyanto Wibowo (Instagram: @rizkiseptiyan16), saya membangun perusahaan bernama PT Aplikasi Digital Karya Bersama (Instagram: @buatinwebsitecom) sejak september 2016 lalu,” katanya.

Ongki yang memiliki akun instagram @sheongki mengungkapkan, perusahaannya bergerak dan terfokus pada digital agency, serta jasa digital, media, dan tentu saja Internet Marketing.

Menurutnya, buatinwebsitecom ini berbeda dengan kebanyakan perusahaan atau agency lainnya di luar sana. Kenapa? Karena dirinya mendirikan perusahaan digital agency ini berdasarkan pengalaman dan keresahannya yang telah dirasakan olehnya.

“Saya mendirikan perusahaan ini karena ingin menciptakan sebuah peluang bisnis dalam sebuah perusahaan bisnis media dan digital, Selain itu saya yakin bahwa usaha ini dapat membantu pertumbuhan bisnis digital di indonesia. Karena yang saya dan partner saya rasakan selama ini, sistem yang perusahaan lain tawarkan, sangat berisiko terhadap keamanan dan privasi pengguna,” tuturnya.

Ongki mengatakan sebagian pelanggannya berasal dari perusahaan dan management online shop besar di Indonesia, seperti Olx.co.id, Bank Rakyat Indonesia (BRI),Mitsubishi dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Ongki juga sedang mengembangkan program latihan digital marketing bersama rizki yang dibuat didalam @buatinwebsitecom sebagai sarana untuk generasi milenial mendapatkan ilmu yang nantinya dapat menumbuhkan jiwa jiwa pengusaha muda yang sukses di indonesia.

“PT Aplikasi Digital Karya Bersama (Instagram @buatinwebsitecom) memiliki 10 karyawan. Melalui perusahaan ini, saya berkomitmen akan selalu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan industri digital di Indonesia, terutama mendorong generasi milenial untuk berkarya di kancah internasional agar dapat mengharumkan nama indonesia di generasi yang akan mendatang,” pungkas Muhammad Ongki. @Rudi

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here