Batalyon Kakatua Raja Perkasa Marinir Asah Kemampuan Tempur Aspek Laut Dengan Renang Di Laut

Prajurit marinir Berlatih Renang
Prajurit marinir Berlatih Renang

PAPUA, KANALINDONESIA.COM : Sebagai pasukan Pendarat Amfibi, setiap prajurit Korps Marinir harus mampu berenang dalam medan serta iklim apapun hingga dapat menyelesaikan suatu sasaran, guna menunjang tujuan tersebut, Batalyon Infanteri 11 Marinir (Yonif 11 Mar) melaksanakan renang laut dalam rangka mengasah dan meningkatkan kemampuan tempur aspek laut sekaligus ketahanan serta kemampuan dilaut di Katapop pantai, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong Papua Barat, Kamis (13/2/20).

Kegiatan renang laut ini merupakan rangkaian dari program Latihan Perorangan Dasar (LPD) Triwulan I tahun 2020 dengan jarak tempuh 500 meter dipimpin oleh Pasiops Yonif 11 Marinir Mayor Marinir Yusman Efendi dan diikuti oleh para perwira serta seluruh anggota Katatua Raja Perkasa (sebutan Yonif 11 Marinir).

Baca:  Si Jago Merah Mengamuk, Sebuah Rumah Warga Pamekasan Hangus Serata Tanah

Kegiatan ini diawali dengan senam GC guna menghindari cidera atau kram otot saat di laut, dilanjutkan dengan pelaksanaan renang laut yang sudah di bagi per gelombangnya.

Dalam arahannya, Pasiops Yonif 11 Marinir mengatakan, kemampuan berenang merupakan bagian dari 5 kemampuan dasar prajurit yang harus dikuasai yaitu berenang, menembak, croos country, hanmars dan halang rintang.

“Dengan latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan naluri tempur dilaut serta mengasah profesionalisme prajurit sebagai pasukan pendarat amfibi sehingga selalu siap digerakkan kapan pun saja,”harapnya.

Pasiops Yonif 11 Marinir menambahakan, tujuan lain dari renang laut adalah mencari bibit-bibit guna menghadapi perlombaan Pembinaan Satuan (Binsat) yang akan datang.@wn

Baca:  Warga Ponorogo Tewas Terjatuh Saat Potong Kayu Jati