Ribuan CPNS Mubar Lolos Passing Grade SKD, Panselda: Tidak dijamin Bisa Ikut SKB

Ketua Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Muna Barat LM. Husen Tali (Foto: Sanjaya_kanalindonesia.com)

MUNA BARAT, KANALINDONESIA.COM: Peserta yang dinyatakan lolos Passing Grade Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) belum sepenuhnya aman untuk melenggang ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetisi Bidang (SKB). Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Seleksi CPNS Mubar, Mubar LM. Husen Tali, Minggu (16/02/2020).

Husen merincikan, jumlah CPNS Mubar yang lolos passing grade sejak dimulai 11 hingga 15 februari 2020, sudah mencapai 1.206 peserta sedangkan yang tidak lolos sebanyak 2.941 peserta, 149 tidak mengikuti seleksi alias tidak hadir.

Namun peserta yang dinyatakan lolos passing grade SKD tersebut belum tentu bisa lolos ke tahapan selanjutnya, yaitu SKB karena akan dilihat lagi jumlah yang lolos kuota performasi kemudian dilakukan perengkingan.

Baca:  Jual 600 Wanita Cantik di Facebook, 2 Muncikari 1 Mami Diamankan Satreskrim Polrestabes Surabaya

Misalnya di DPMD jurusan A, dibutuhkan 2 orang, yang lulus tes 50 orang, kemudian sistem melakukan perengkingan dan akan mengambil maksimal 6 orang untuk lanjut pada tes berikutnya yaitu SKB. Kemudian hasil perengkingan tersebut akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dalam hal ini BKN Pusat.

“Intinya akan diumumkan BKN, prinsip dasarnya maksimal kalau kuota 1 akan diluluskan 3 terbaik dari yang lulus yang terbaik,” cetus mantan Kadis Pendidikan Mubar ini.

Lebih lanjut dikatakanya,”artinya lulus sesuai data di atas, belum pasti akan lanjut, yang pasti akan diurut sesuai nilai tertinggi. Untuk itu, rebutlah nilai setinggi tingginya,”jelasnya.

Untuk bisa lulus passing grade (PG) SKD seorang pelamar harus memenuhi ambang batas nilai yang telah diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 24 Tahun 2019 diantaranya, TKP 126, TIU 80, dan 65 untuk TWK,”tutupnya.(Sanjaya).

Baca:  Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Benowo