Kasau : TNI AU Harus Mampu Melihat Berbagai Permasalahan Dari Sudut Pandang Pertahanan

Upacara bendera
Upacara bendera

 

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Kepala Dinas Survey dan Pemotretan Angkatan Udara (Kadissurpotrudau) Marsma TNI I Made Susila, S.E., S.H pimpin Upacara  Bendera 17-an di Lapangan Upacara Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (17/2/20).

Kadissurpotrudau membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M mengatakan, sebagai garda terdepan bangsa Indonesia, TNI Angkatan Udara harus mampu melihat berbagai permasalahan dari sudut pandang pertahanan, sekaligus menyiapkan worst-case scenario yang mungkin timbul dari berbagai issue tersebut.

“Dua issue yang menjadi perhatian utama dalam beberapa dekade terakhir, dan juga penting untuk dipahami bersama sebagai insan dirgantara, adalah global warming yang mengakibatkan climate change, sehingga bencana alam semakin rentan terjadi. Issue berikutnya adalah yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, informasi, dan komunikasi yang menjadi kebutuhan esensial. Namun demikian, perkembangan ini akan berubah menjadi teknologi yang disruptif, mana kala organisasi tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan tepat,”kata Kasau dalam amanatnya.

Baca:  Anggota Koramil 06/ Cempaka Putih dan Tiga Pilar Salurkan Sembako dari Kemensos RI

Pada bagian lain Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan, meskipun baru memasuki bulan kedua, namun banyak hal krusial yang telah mewarnai kiprah dan tugas-tugas TNI Angkatan Udara di tahun 2020 ini, diantaranya hasil Rapat Pimpinan TNI, Rapat Pimpinan TNI AU, dan Rakor Tingkat Kotama, hingga Satuan Kerja, hendaknya menjadi pedoman yang harus ditindak-lanjuti dengan seksama oleh setiap personel di satuan.

“Ingatlah, maju atau tidaknya TNI Angkatan Udara, berawal dari mindset kita untuk memegang teguh amanah dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Kalian adalah aset utama dan paling berharga yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Tidak peduli apa pun pangkat, golongan, kejuruan, dan di mana pun ditugaskan, setiap personel memiliki peran yang krusial dalam memastikan tetap berputarnya roda organisasi yang bernama TNI Angkatan Udara ini”, ujarnya.

Baca:  Hamparan Sampah

Diakhir sambutannya, Kepala Staf Angkatan Udara meminta, seluruh personel TNI Angkatan Udara, bekerja secara profesional sesuai tugas keahliannya, militan tanpa pamrih dan inovatif dalam menghadapi segala tantangan tugas yang tidak semakin ringan.

Upacara bendera 17-an diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil dari Lanud Halim Perdanakusuma, Dissurpotrudau, Dispsiau, Bekmapus, Wing I Paskhasau dan Sathar 23.@wn