Pasca Observasi, 7 Crew Skadron Udara 17 Kembali ke Home Base

Suasana Peyambutan crew Skadron Udara 17 di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma
Suasana Peyambutan crew Skadron Udara 17 di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma

JAKARTA, KANALINDONESIAA.COM : Sebanyak 7 Crew Skadron Udara 17 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma dipimpin Mayor Pnb Arief R. Hakim dan Lettu Pnb Ride Putra P. kembali ke home base setelah menjalani masa observasi di Lanud Raden Sadjad, Natuna.

Masa Observasi yang dijalani crew Skadron Udara 17 selama 14 hari bersama dengan  WNI lainnya berakhir pada Sabtu (15/2/20) dan dinyatakan tidak terpapar Virus Corono oleh Kementerian Kesehatan.

Acara penyambutan digelar di Hanggar Skadron Udara 17 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/20).

Seluruh crew yang turut menjalani masa observasi disambut dengan seremoni penyambutan berupa pengalungan bunga oleh Kasiops Skadron Udara 17 Mayor Pnb Septi Arun, mewakili Komandan Skadron Udara 17, yang saat bersamaan sedang melaksanakan misi VVIP RI 1 di Solo dan Yogyakarta.

Nampak suasana haru mewarnai saat acara penyambutan. Kehadiran keluarga untuk menyerahkan hard bouquete ke masing-masing crew, menambah suasana semakin haru. Acara penyambutan diakhir dengan penyerahan testimoni WNI kepada Crew Sakdron Udara 17.

Komandan Skadron Udara 17 Letkol Pnb Erwin Harfansa, M.Tr (Han) mengatakan, acara penyambutan yang dilaksanakan merupakan acara khusus yang digelar Skadron Udara 17 untuk menyambut 7 crew yang telah menjalani misi khusus dan mulia.

“Kami bersyukur, seluruh crew sudah kembali ke Skadron Udara 17, dan siap untuk melaksanakan misi-misi berikutnya”, kata Komandan Skadron Udara 17.

“Mereka telah menjalankan misi mulia, untuk membantu saudara-saudara kita, dan ikut merasakan masa observasi bersama-sama dengan yang lainnya”, ujarnya.

Ia menambahkan, apa yang mereka rasakan merupakan tuntutan tugas yang harus dilaksanakan, ke depan, Skadron Udara 17 siap melaksanakan berbagai misi lainnya.

“Acara ini, kami gelar sebagai bentuk penghormatan kami atas pengabdian seluruh crew yang telah menjalankan misi khusus dan mulia ini, sebagai wujud dharma baki mereka kepada bangsa dan negara,”imbuhnya.

Sementara usai acara penyambutan, Mayor Pnb Arief R. Hakim menjelaskan, pesawat Boing 737 Skadron Udara 17 telah menjalankan misi dukungan udara kepada WNI yang dievakuasi dari Batam menuju Lanud Raden Sadjad, Natuna.

“Kami mulai menjalani misi pada 1 Ferbruari 2020, kami berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Lanud Raden Sadjad, selanjutnya menuju Bandara Hangnadim Batam”, kata Mayor Pnb Arief R. Hakim.

“Tanggal 2 Ferbruari 2020, dari Hangnadim kami menuju Lanud Raden Sajdad, dan selanjutnya menjalani masa observasi bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang dievakuasi dari Wuhan China melalui Batam”. ujarnya.

“Setelah menjalani masa observasi selama 14 hari, pada hari Sabtu (15/2/20) pukul 15.37 WIB kami tiba kembali di Lanud Halim Perdanakusuma”, pungkasnya.@wn