Khofifah Sebut Perlu Ada Penerbangan Perintis ke Pacitan, Demokrat Jatim : Kami Dukung Penuh

PACITAN KANALINDONESIA.COM Dibangunnya Museum dan Galeri seni SBY Ani memunculkan wacana pembangunan penerbangan perintis di Pacitan. Wacana ini digagas oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, saat memberi sambut pada acara Ground Breaking Museum dan Galeri SBY ANI, Sabtu (22/2/2020).

Kata Khofifah Museum ini akan menjadi gravitasi baru untuk sektor pariwisata Kabupaten Pacitan, sehingga dirinya melihat ada potensi dibangun penerbangan perintis di Pacitan.

“”Museum ini akan menjadi gravitasi baru untuk Pacitan. Nah seiring dengan itu tentunya masyarakat pasti ingin ada kemudahan untuk akses. Ya kalau dari Solo, Jogja, mungkin aksesnya relatif lebih mudah tapi kalau dari Surabaya, Malang, Kediri, gimana, kalau ada penerbangan perintis akses akan lebih memungkinkan,” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan pendirian penerbangan perintis di Pacitan ini bukan hal yang tidak mungkin. Karena menurutnya penerbangan perintis yang ada di Bawean dan Sumenep sudah memberikan manfaat yang besar. “Tinggal dibutuhkan feasibility study atau uji kelayakan terkait bandara perintis agar bisa juga didirikan di Pacitan. Khususnya karena di Pacitan ini banyak terdapat gunung dan perbukitan,” jelasnya.

Baca:  TMMD Ke-104 Kodim 0812 Lamongan Kembangkan Program Baru "Desaku Pintar"

Ide Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, yang melempar wacana pembangunan penerbangan perintis di Pacitan ini mendapat tanggapan positif dari Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio.

Renville menegaskan akan meminta anggota fraksi Demokrat di dewan agar bisa mewujudkan rencana tersebut. “Saya akan meminta teman-teman Partai Demokrat di Komisi D DPRD agar merealisasikan keinginan Gubernur Jatim membuat penerbangan perintis. Dengan melakukan koordinasi dengan OPD terkait,” ujar Renville di Pacitan.

Renville menambahkan nantinya museum ini akan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi baru di Pacitan. Menurutnya nantinya masyarakat tidak hanya mengetahui sosok SBY sejak kecil hingga jadi presiden. “Tapi juga bagaimana cikal bakal lahirnya Partai Demokrat,” katanya.

Baca:  Panwaslu Ajak Masyarakat Tolak dan Lawan Politik Uang

Sementara itu anggota DPRD Jatim asal Pacitan Eko Prasetyo juga menyambut gembira wacana ini,

“Dulu sebelum bu Susi jadi menteri juga sudah berupaya masuk ke Pacitan dengan pesawatnya, namun ini terkendala dengan zona terbang militer Bandara Iswahyudi. Ya jika Bu khofifah bisa melobi pihak AU agar mengijinkan zona ini bisa juga untuk pesawat perintis tentu akan lebih baik,” ungkapanya.

Jika bisa diwujudkan tentu akan jadi kabar gembira, karena akan berdampak baik untuk ekonomi di Pacitan dan sekitarnya. “Kalau ini diwujudkan tentu ekonomi Pacitan akan mulai terbuka. Kita punya potensi wisata alam yang menjanjikan. Alam pegunungan , pantai yang eksotik, Namun karena kondisi kita di kelilingi gunung maka akses untuk masuk ke sini jadi sulit. Maka jika ada penerbangan, mereka yang ingin melihat potensi wisata alam yang masih asli akan bisa menikmati dengan lebih mudah,” ungkap Eko Pras.

Baca:  Lompat ke Nasdem, Ketua Fraksi Geridra DPRD Gresik Pertahankan Jabatannya

Bagaimana dengan lahan ? “Soal lahan, insyaallah lahannya ada dan memadai,” tandas Eko Pras.

Harus diakui kondisi jalan menuju Pacitan memang membutuhkan waktu yanhg cukup lama dan kewaspadaan, sebab jalur dari luar Pacitan yang menuju Pacitan sangatlah berekelok kelok, dengan dibatasi tepian tebing yang tinggi disatu sisi dan jurang serta bibir sungai di sisi lainnya. nang