Peduli Ponpes Jatim, YBSI Gandeng Djarum Foundation Gelar Baksos Di Ponpes Nurul Jadid Situbondo

Baksos kesehatan ke 56 di ponpes Nurul Jadid Situbondo
Baksos kesehatan ke 56 di ponpes Nurul Jadid Situbondo

SITUBONDO, KANALINDONESIA.COM : Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat  yang sedang menghadapi kondisi musim hujan, khususnya bagi santri putra/putri dan para lansia  di dusun Tembreng Sumber Anyar Mlandingan Situbondo. Sekaligus untuk medukung program Gerakan “Ayo Mondok” yang digagas oleh RMI NU Jatim( Dewan Ponpes Jatim) , Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku bersama Djarum Foundation( DF), menggelar Baksos kesehatan ke 56 ” Peduli Ponpes Jatim 2020″ di Ponpes Nurul Jadid Mlandingan Situbondo, Sabtu (22/2/20).

Kegiatan ini diikuti 350 orang masyarakat yang kebanyakan lansia, 100 orang santri dan 67 orang pengurus atau guru. Sekitar 517 orang, dilayani dalam baksos kali ini.

Pengasuh ponpes Nurul Jadid Mlandingan KH Umar Faruq menyampaikan, apresiasi yang tinggi atas perhatian yang diberikan oleh Djarum Foundation (DF), RMI NU Jatim dan YBSI (Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku) terhadap para santri , terrmasuk lansia di wilayah sekitar ponpes.

Baca:  Asto Martono : Dampak Positif Penyederhanaan Regulasi Terhadap UMKM

“Saat ini, sedang musim penghujan. Para santri termasuk juga warga Mlandingan khususnya lansia menjadi rentan penyakit dan bahaya nyamuk DBD.  Kegiatan baksos ini, memberikaan manfaat nyata bagi kami. Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih,” jelas Pengasuh ponpes Nurul Jadid Mlandingan.

Kades Sumber Anyar Mlandingan menyampaikan terima kasih atas kegiatan baksos ini. “Jarak 4 dusun wilayah sumber anyar, dengan puskesmas di Mlandingan, cukup jauh. Hanya ada satu pustu disini. Sehingga dengan adanya baksos ini, sangat membantu warga desa Sumber Anyar. Sekali lagi, disampaikan terima kasih” kata Kades Sumber Anyar.

Sementara itu, Founder YBSI dr Hisnindarsyah SE M.Kes MH menyampaikan, bahw pada kegiatan ini ada 5 orang dokter, 1 dokter gigi, 15 perawat , 2 asisten apoteker dan 5 relawan yang ikut pada kegiatan ini. “Antusiasme masyarakat desa Sumber Anyar sangat tinggi dan para lansia sangat bersemangat. Semangat sangat membantu peningkatan imunitas tubuh” kata dr. Hisnin.

Baca:  Kapal Fery Lestari Maju Tenggelam di Laut Pulau Pasi Pamatata, Selayar

Dari data pasien, sebagian besar lansia dengan keluhan hipertensi, DM, post stroke, artritis atau nyeri sendi, selain flu atau influenza yang sedang mewabah.

Kegiatan baksos ini hadiri Ketua YBSI Virly Mavitasari, Kades Sumber Anyar, Kapolsek, Danramil, Babinsa, dan perwakilan Djarum Foundation yaitu H.Legowo Kadri, Yudha Ardiwinata, Totok dari area Jatim serta Heru Purwanto, Perwakilan PT Djarum area Situbondo.@wn