Dorong Kemajuan Wirausaha Muda Magetan, Ibas Gandeng Kementrian Perindustrian RI Gelar Bimtek

MAGETAN, KANALINDONESIA.COM:  Sebanyak 60 peserta wirausaha muda Magetan mengikuti kegiatan bimbingan tehnis Wirausaha Baru (WUB), Industri Kecil Menengah (IKM) di hotel Merah 2 Sarangan, Selasa (24/2/2020).

Ke 60 peserta tersebut terdiri dari 20 orang bidang aluminium, 20 orang bidang produksi olahan susu,dan 20 orang mengikuti bimtek kerajinan bambu yang diadakan selama 4 hari mulai hari ini, tanggal 25 hingga 28 Februari 2020.

Kegiatan bimbingan tehnis bertema penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru ini terselenggara atas kerjasama antara kementrian perindustrian RI, Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Magetan dengan DPR RI komisi 6 dari fraksi Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Dalam sambutan pembukaan bimtek, Staf Tenaga Ahli Edhie Baskoro Yudhoyono, David Christian Bojoh mengatakan, seiring dengan salah satu visi Bupati Magetan yakni meningkatkan perekonomian daerah melalui keberpihakan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro sebagai pilar ekonomi kerakyatan serta pemberdayaan masyarakat desa sebagai basis sekaligus ujung tombak pembangunan daerah, maka potensi IKM Magetan perlu terus didorong secara komprehensif, kemampuan SDM, daya saing, akses permodalan, akses pasar, serta promosi dan menejerial agar bisa terus maju.

Baca:  DPRD Magetan Sarankan Dinas Bentuk URC Gagal Panen

“ Kegiatan ini juga singkron dengan salah satu program prioritasnya Bupati Magetan yakni penyediaan dan pengembangan SDM yang SMART (Sehat Maju Agamis Ramah dan Terampil), sehingga selain menampung lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan, menjadi motor pendapatan daerah,” tegas David.

Sebagai mitra kerja, tambah David, EBY punya komitmen untuk mendorong segenap potensi daerah, dan bersinergi menyeluruh dengan stakeholder membangun sektor IKM.

Ketua panitia Bimtek penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di Magetan, Herman Budoyo mengatakan, tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta ada tiga kegiatan yang diselenggarakan.

“Bimtek usaha aluminium, bimtek produk susu dan bimtek kerajinan bambu,” terang Herman.

Baca:  Johan Budi: Bawaslu Ponorogo Harus Tegas

Dikatakanya,“diharapkan peserta mampu mengaplikasikan hasil yang didapat, dalam menjalankan usahanya, menciptakan produk yang berkualitas, serta menumbuhkan jiwa wirausahanya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan, Sucipto berharap kegiatan bimtek kewirausahaan seperti ini terus diadakan dan ada follow up seusai kegiatan, “kami berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan seperti, semoga selesai Bimtek ini ada Follow up nya dari pusat. Komitmen kami untuk melaksanakan tindak lanjutnya secara kongkret,” jelasnya.

Ada hal yang menarik dalam bimtek kali ini, menurut salah satu panitia bimtek, para peserta bimtek penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM di hotel merah 2 juga akan dibantu di buatkan NIB ( Nomer Induk Berusaha) secara online,yang fungsinya sebagai tanda daftar usaha secara nasional.(choiri)

Baca:  Kalikuning Tulakan Semakin Mbois