Rutan Kelas II B Pacitan Gelar Media Gathering Bersama Awak Media

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Rumah Tahanan ( Rutan ) kelas II B Kabupaten Pacitan adakan Media Gathering bersama para awak media dengan tema ” Kolaborasi Dukung Revolosi Pemasyarakatan Tahun 2020 ” yang bertempat di ruang aula Rutan,Kamis (27/02/2020).

” Persoalan kelebihan penghuni atau over load kapasitas penghuni Rutan kelas IIB yang ada di Kabupaten Pacitan masih memadai, namun keluhan dari rutan II B disini adalah belum adanya dokter atau tenaga medis khusus untuk para warga binaan ” Kalau untuk fasilitas ruang klinik sudah ada,” kata Nurkholis Kasubsi Pelayanan Tahanan kelas II B Kabupaten Pacitan.

Ia menambahkan, selama ini jika ada warga binaan yang sakit, kami membawanya ke RSUD Pacitan. Selain itu, untuk ruang binaan anak-anak sudah ada tersendiri, namun fasilitasnya belum memadai seperti Rutan di Surabaya. Sedangkan untuk binaan perempuan juga sudah ada tersendiri ” kami sudah mengusulkan agar adanya pembangunan rutan baru dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Baca:  Musim Kemarau Panjang 2018 Polres Pacitan Adakan Bhakti Sosial Bantuan Air Bersih di 12 Kecamatan

” dirumah tahanan (Rutan) kelas II B Pacitan ini ada 104 binaan, namun untuk binaan yang tergolong pidannya berat ada pengawasan khusus. Sedangkan untuk pidana yang tergolong ringan akan kami beri kepercayaan ” namun kita nilai perilaku selama dalam masa tahanan ” jika perilaku tidak baik, juga tidak akan kami beri kepercayaan,” tambahnya.

Nurkholis juga mengukapkan, terkait isyu adanya jual beli perlakuan khusus kepada para binaan itu tidak benar, bahkan petugas juga sangat seleksi kepada para keluarga yang mau membesuk para binaan. Yang lebih lag, kita selalu memeriksa satu persatu barang bawaan yang mau diberikan kepada keluarga binaan ” seperti HP, obat-obatan, benda tajam ” akan kami sita dan kami larang. Apalagi jika ditemukan keluarga membawakan barang Narkoba kepada warga binaan, akan kami proses lebih lanjut, ” pungkasnya.( Lc )

Baca:  Kasus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan Terus Bertambah.