Ice Cream Si Latoh Siswa SMA Mazra’Atul Ulum Paciran Lamongan Raih Mendali Emas

 

(Dua Siswa, Guru Pembimbing dan Kepsek SMAMU Dewi Makiyah Tunjukan Mendali Emas dan Piagam Dari Kemendikbud). Foto_fer

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Latoh atau sejenis buah anggur laut selama ini kurang diminati masyarakat karena teksturnya yang berbau amis dan asin. Namun ditangan siswa SMA Mazra’Atul Ulum Paciran Latoh di olah menjadi ice cream yang nikmat dan penuh gizi. Ya, ice cream ini di beri nama ice cream Si Latoh.

Berkat inovatif ice cream Si Latoh, Ria Safutri dan Eva Firnanda dua siswa asal SMA Mazra’Atul Ulum atau yang biasa sebutan keren SMAMU Paciran Lamongan berhasil juara 1 meraih mendali emas di Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia atau FIKSI yang di selenggarakan di Bandung oleh Kemendikbud.

(Ice Cream Si Latoh Olahan Buah Anggur Laut). Foto_fer

Kedua siswa kelas XII ini berhadapan dengan ratusan kontestan lainnya hingga meraih juara 1 Tingkat Nasional Bidang Boga Kategori Rintisan Pemula.

Baca:  Pernyataan Donald Trum Berbahaya Di Masyarakat Dunia

Cara penyajiannya cukup mudah, hanya menyiapkan bahan-bahan diantaranya buah Latoh sebagai bahan utama, tepung maizena, kuning telur, sari buah atau assence, vanili, garam, susu, daun pandan, dan air. Seluruh bahan diadon bersamaan dengan Latoh kemudian dimasak.

(Siswa Sedang Mengolah adonan dan Latoh menjadi Ice Cream). Foto_fer

Setelah dimasak, adonan tersebut ditiriskan didalam frezeer sampai menjadi beku. Setelah itu, masuk ke proses MIXER ditambah Latoh lalu dikemas kedalam cup kemudian masukan kembali kedalam frezeer hingga menjadi ice cream.

Kandungan didalam ice cream si Latoh terdapat vitamin A & C, Protein, Yodium, Zat Besi, sebagai anti depresan, meningkatkan kinerja mata dan jantung, melancarkan metabolisme dan menjaga kesehatan tulang.

(Ice Cream Si Latoh Kemasan Cup). Foto_fer

Prestasi ini tentunya tak lain hasil dukungan guru pembimbing Nur Faizah dan Kepala Sekolah SMAMU Dewi Makiyah. Pihaknya mendidik siswanya sejak dini agar kelak mereka menjadi seorang enterpreneur dibidang kewirausahaan.

Baca:  Lapas Medaeng Beri Ijin MKP Datang ke Pemakaman Anaknya, Ini Syaratnya

Sejauh ini SMAMU telah menciptakan berbagai olahan ice cream seperti ice cream ikan pindang, ice cream ikan layang dan inovasi terbaru ice cream si Latoh dari buah anggur laut.

Jurnalis : Omdik/Fer
Kabiro. : Ferry Mosses