Hingga Batas Akhir, Tak Satupun Calon Perseorangan Daftar ke KPU Ponorogo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Hingga batas akhir waktu Minggu (23/02/2020) pukul 24.00 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo tidak menerima satupun calon peserta Pilkada Ponorogo 2020 dari jalur independen atau perseorangan yang menyerahkan bukti syarat dukungan kepada KPU. Baik syarat dukungan hardcopy maupun softcopy yang harus diupload pada aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Ketua KPU Ponorogo Munajat menyatakan tidak ada masa perpanjangan waktu pada masa penyerahan syarat dukungan calon perseorangan ini.

“Untuk di Ponorogo sampai Minggu (23/02/2020) malam pukul 00.00 WIB, tidak ada yang mendaftarkan diri untuk calon perserorangan. Jadi kami nyatakan Nihil calon perseorangan Pilkada Ponorogo 2020 kali ini,” terang Munajat.

Baca:  Pilbup Ponorogo, Masa Penyerahan Dukungan Balon Perseorangan Wajib Unggah di Silon

Munajat menjelaskan sebetulnya telah ada dua tim yang datang ke KPU untuk berkonsultasi perihal tekhnis dan syarat dukungan jika menjadi peserta Pilkada dari calon perseorangan.

Namun dari dua tim yang telah berkonsultasi hanya satu tim yang memang berkeinginan melanjutkan ke tahapan berikutnya, hanya saja terganjal jumlah dukungan yang ditentukan yakni minimal 7,5 persen dari DPT, atau sebanyak 56.426 dari 75233 orang yang dibuktikan dengan fotocopy KTP atau Suket.

Pasangan calon peserta tersebut adalah Imam Wahyudi asal Ngrayun bersama Santo Wiyono  dari Pudak, keduanya berlatarbelakang wirausahawan.

“Sebetulnya ada yang ingin benar-benar berlanjut hanya saja kemarin hari Sabtu (22/2/2020) berkonsultasi dan sekaligus menyatakan tidak bisa berlanjut karena belum mampu memenuhi syarat dukungan sebanyak  56 ribu 426 itu,” sambungnya.

Baca:  Jelang Nataru, Satsabhara Polres Ponorogo Sterilisasi Gereja