Bawaslu Ponorogo Gelar Apel Penyelenggara Berintegritas Pilbup dan Pilwabup 2020

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo menggelar apel penyelenggara berintegritas Pilbup dan Pilwabup 2020 di Gedung UPTD Sentra Industri Jl. Trunojoyo  Ponorogo, Sabtu(29/02/2020)

Apel yang diikuti semua komisioner Bawaslu Ponorogo dan juga tampak hadir ketua Bawaslu Jatim  Moh. Amin beserta komisioner.

Selain itu, apel juga dihadiri Bawaslu Kabupaten Banyuwangi; Bawaslu Kabupaten Blitar; Bawaslu Kabupaten Gresik; Bawaslu Kabupaten Jember; Bawaslu Kabupaten Kediri; Bawaslu Kabupaten Lamongan; Bawaslu Kabupaten Malang; Bawaslu Kabupaten Mojokerto; Bawaslu Kabupaten Ngawi; Bawaslu Kabupaten Pacitan; Bawaslu Kabupaten Sidoarjo; Bawaslu Kabupaten Situbondo; Bawaslu Kabupaten Sumenep; Bawaslu Kabupaten Trenggalek; Bawaslu Kabupaten Tuban; Bawaslu Kota Blitar; Bawaslu Kota Pasuruan; Bawaslu Kota Surabaya dan anggota Panwascam se-Kab. Ponorogo.

Tak hanya itu, hadir juga dalam apel tersebut, Ketua KPU Ponorogo beserta komisoner dan anggota PPK se- Kabupaten Ponorogo yang baru dilantik hari ini.

Baca:  Bawaslu Ponorogo Jujur, Terkait Penghentian Laporan Salah Satu Paslon

Dalam kata sambutanya, Ketua Bawaslu Kabupaten Ponorogo Muh. Syaifulloh menyampaikan,”kita hari ini melaksanakan apel penyelenggara berintegritas pada Pilbup dan Pilwabup 2020. Perlu diketahui bersama pada hari ini kita baru selesai melantik dan pengucapan sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan dilantiknya anggota PPK menjadi komitmen dalam pertanggungjawaban kita kepada Tuhan dalam Pilkada serentak tahun 2020,”ucap Syaifulloh.

Selain itu, pria yang akrab disapa Gus Coy ini berharap kepada semua anggota Pawascam maupun anggota PPK jangan sampai tergiur dengan iming-iming sesuatu sehingga dalam pelaksanaan Pilkada nanti menjadi tidak netral dan mencoreng demokrasi.

“Bila dalam pelaksaan Pilkada serentak nanti diketemukan anggota Bawaslu maupun PPK tidak netral sanksinya adalah apabila mendaftar kembali untuk menjadi anggota penyelenggara akan dicoret,”tegasnya.

Baca:  Jumlah Pengusaha Di Tuban Meningkat 64 Persen

Sementara itu ketua KPU Ponorogo H. Munajat,” dengan apel kesiapsiagaan untuk penyelenggara yang berintegritas, mari kita junjung tinggi amanah ini supaya kedepannya tetap bisa menjalankan tugas-tugas tahapan-tahapan sampai dengan penyelenggaraan Pilkada selesai.Harapan kita bersama mudah-mudahan dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Ponorogo ini tetap menjadi kota yang aman tertib lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan mengutamakan kepentingan masyarakat Ponorogo,”tuturnya.

Dalam sambutanya, ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyampaikan,” proses demokrasi di Kabupaten Ponorogo kolaborasi antara pengawas dengan penyelenggara di tingkat KPU maupun kecamatan PPK itu harus saling bersinergi, karena pemahaman kita terkait dengan konsep penyelenggara Pemilu merupakan satu kesatuan. Bawaslu dan KPU merupakan penyelenggara satu kesatuan fungsi yang tugasnya sama mewujudkan kontestasi di lokal Kabupaten Ponorogo dan menghasilkan pemimpin yang dapat memberikan perbaikan di wilayah kabupaten Ponorogo,”ucapnya.

Baca:  Isu 7 Calon Yang Akan Maju Pencalonan Bupati Pacitan 2020

Apel dilanjutkan dengan deklarasi penyelenggara Pilkada serentak 2020 Berintegritas, yang berisi: Mewujudkan pemilihan yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil menyelenggarakan pemilihan yang aman tertib dan damai; Dengan penuh integritas independen dan profesional berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan apel penyelenggara berintegritas oleh Bawaslu bertujuan untuk membangun peradaban politik yang sehat karena pelaksanaan Pilbup tanpa hadirnya pengawasan secara struktural dan fungsional yang kokoh berpotensi besar akan menimbulkan hilangnya hak pilih warga negara, maraknya politik uang, kampanye hitam, dan pemilu yang tidak sesuai aturan.