Banser Karanggeneng Ikut Amankan Kegiatan Bahtsul Masail Syuriyah PWNU Jawa Timur

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Sebanyak 60 personil Banser PAC. GP. Ansor Karanggeneng selam dua hari 29 Pebruari – 1 Maret 2020 membantu amankan lokasi penyelenggaraan Bahtsul Masa’il Syuriyah PWNU Jawa Timur di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo, Desa Sungelebak, Kecamatan Karanggeng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pengerahan personil yang berjumlah puluhan tersebut dilakukan mengingat pelaksanaan kegiatan dibagi di tiga tempat, yakni di Gedung MTs. Putra-Putri, MA Matholi’ul Anwar dan SMK NU 1 Karanggeneng, apalagi delegasi peserta yang hadir merupakan utusan dari masing-masing PCNU dari seluruh wilayah yang ada di Jawa Timur ini.

Komandan Banser Satkoryon Karanggeneng Fajar Habibullah kepada Kanalindonesia.com mengatakan, untuk membantu pengamanan tiga lokasi yang dibackup penuh dari kepolisian dan TNI, pihaknya juga bekerjasama dengan anggota PS. Pagar Nusa. “Dari 60 personil Banser bertugas secara bergiliran di tiga titik lokasi yang dibagi dalam 3 shift selama dua hari,” ujar Fajar.

Baca:  Hadi Tjahjanto Sosok Panglima Yang Bekerja Dalam Senyap

Fajar juga mengatakan bahwa Banser harus kompak dalam menjaga keamanan selama pelaksanaan kegiatan. Karena Banser merupakan badan otonom yang dimiliki oleh NU guna memberikan keamanan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh NU. “Harus kompak, apalagi sekarang akan menyambut tamu-tamu peserta Bahtsul Masail dari luar Lamongan, dalam pengamanan harus kompak supaya dapat maksimal,” tegasnya.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, PWNU Jawa Timur menyelenggarakan Bahtsul Masail di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo, Desa Sungelebak, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan pada 29 Pebruari – 1 Maret 2020. Forum Bahtsul Masail dilatari atas dasar kebutuhan masyarakat (Nahdliyin) tentang persoalan-persoalan yang berkembang dan membutuhkan jawaban keagamaan. Dari persoalan-persoalan yang mengemuka tersebut kemudian direspons melalui musyawarah di kalangan intelektual dan kiai-kiai NU.(omdik/fer)

Baca:  Hadapi Tatanan Baru, LPBI NU Lamongan Bentuk Pokja PKMM di Desa Sumberwudi