Komplek Ruko di Jalan Sultan Agung Jember Ambruk Masuk Sungai

istimewa

JEMBER, KANALINDONESIA.COM: Sejumlah ruko yang berada di sepadan sungai Jembatan Jompo, Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember, ambles, Senin (02/03/2020) subuh.

Meski kejadian tersebut masih tergolong pagi, namun tak ada korban jiwa dalam insiden ambruknya sejumlah ruko tersebut.

Ambruknya sejumlah ruko tersebut dipicu adanya retakan jalan yang dibangun di atas sepadan sungai itu, yang sebenarnya sudah diketahui sejak Januari 2019. Namun hingga adanya kejadian  tersebut belum ada upaya perbaikan dari pihak yang berkompeten, hanya diberi tanda agar tidak dilewati warga.

“Saya tahunya dari warga kalau sudah ambruk pukul 5:45 WIB,” kata salah satu pengelola toko, Teguh Abadi seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca:  Menari Diatas Penderitaan, ‘Mk’ Si Bisnisman Qnet Miliki Rumah Bak Istana dan Sederet Mobil Mewah

Diperkirakan ada 10 ruko yang berada tepat di sisi sungai itu longsor dan benar-benar masuk ke sungai berukuran sekitar 5 x 30 meter.

Para pemilik ruko pun telah mengosongkan bangunan mereka sejak lebih dari setahun lalu.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari pejabat terkait mengenai ambrolnya pertokoan Jompo.

Sementara di lokasi kejadian, Senin pagi terlihat macet. Hal ini setelah ratusan warga banyak yang berdatangan untuk melihat robohnya pertokoan yang sempat menjadi ikon Kota Jember.

“Tadi pagi Mas, sekitar jam 4, gak tau apa ada korban apa enggak, soalnya beberapa kavling sudah dikosongkan beberapa pemiliknya sejak beberapa bulan yang lalu,” ujar salah satu warga.

Baca:  Kostrad Bantu Korban Puting Beliung di Jember

Untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan, warga sekitar melakukan pengamanan dengan cara gotong royong.