Danlanud Abd Resmi Buka Latihan Satuan Garuda Perkasa Tahun 2020

Latihan Satuan Garuda Perkasa Tahun 2020
Latihan Satuan Garuda Perkasa Tahun 2020

MALANG, KANALINDONESIA.COM : Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang Marsekal Pertama TNI Hesly Paat, sekaligus Pimpinan Umum Latihan membuka latihan tingkat satuan/lanud “Garuda Perkasa” tahun 2020 di Gedung Cakrawala kecil Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (2/3/20).

Dalam sambutannya Danlanud Abd menyampaikan, perlu diketahui bersama  dengan adanya perkembangan lingkungan strategis di tingkat nasional, regional dan global dipandang perlu untuk penyesuaian piranti lunak latihan TNI AU.

“Dasar induk latihannya adalah  doktrin Swa Bhuana Paksa, yang kini telah mengalami penyesuaian, sejak Mei 2019 lalu dan sesuai petunjuk komando atas, untuk pelaksanaan latihan di tingkat lanud, materi doktrin Swa Bhuana Paksa terbaru harus diimplementasikan dalam kegiatan latihan,”kata Danlanud Abd.

Baca:  TMMD Memperrat Ikatan Kekeluargaan Antara TNI dan Rakyat

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan, “pada tahun ini selain unsur pesawat angkut, pesawat tempur, unsur pasukan dan unsur pangkalan terdapat beberapa unsur baru dalam latihan garuda perkasa yaitu unsur PMU, hospitalisasi, intelejen, penerangan dan pulahta. Unsur-unsur peserta latihan juga dikoordinasikan dalam satu satuan tugas atau satgas sesuai bidangnya, sebagai pelaksana tugas dari Panglima Komando Tugas Udara Gabungan atau Pangkogasudgab.

“Dalam latihan Garuda Perkasa tahun 2020 ini akan dilibatkan berbagai kekuatan meliputi personel, alutsista serta fasilitas dan sarana pendukungnya. Namun, perlu disadari bersama bahwa pelibatan kekuatan tersebut tidak akan  menghasilkan produk berarti apabila tidak diimbangi dengan kesungguhan hati dari seluruh peserta latihan dalam mengerjakan tugasnya sesuai bidangnya masing-masing. Karena tujuan latihan adalah untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme personel sebagai bekal dalam melaksanakan tugas-tugas di masa sekarang maupun di masa yang akan datang,”ujar Danlanud.

Baca:  Masyarakat Balong dan TNI Lakukan Normalisasi Sungai Mayong

Ia menambahkan, perlu diingat bahwa setiap kali kita mengadakan latihan maka eskalasi latihan harus ditingkatkan dan hasilnya harus semakin baik, untuk itu sangat diperlukan koreksi yang bersifat membangun. “Keterbatasan-keterbatasan yang dihadapi hendaknya jangan  sampai mengendorkan semangat  dalam berlatih dan untuk mengatasinya agar dilaksanakan koordinasi  antar unsur dengan  sebaik-baiknya,”pungkasnya.

Menurut Danlat Letkol Pnb M. Arif,  latihan akan dilaksanakan selama lima hari ke depan meliputi dua kegiatan utama yaitu dua hari geladi posko, dua hari manuver lapangan dan sehari evaluasi.

“Latihan melibatkan seluruh unsur dan kekuatan di Lanud Abd Saleh dan insubnya, sebagai latihan puncak tingkat Lanud Abd Saleh dalam melaksanakan operasi udara, operasi dukungan udara dan latihan lainnya,”jelas Danlat.

Baca:  Jajaran Koramil 07/ Kembangan Bantu Kelancaran Operasi Parkir Liar

Acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan Kodal dan pelaku latihan.

Tampak hadir dalam pembukaan latihan “Garuda perkasa” Tahun 2020, Danwing 2 Kolonel Pnb Reza R.R Sastranegara, S.Sos., M.A.P., sebagai Direktur Latihan, para Komandan Skadron, pejabat staf Lanud Abd Saleh, Kodal, wasdal,  pelaku, penilai dan pendukung latihan.@Wn