Mabes Polri Berupaya Keras Tangkal Berita-Berita Hoax

 Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ( istimewa)
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ( istimewa)

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA :  Banyaknya ditemui berita-berita hoax yang sering dimanfaatkan oleh orang orang tak bertanggungjawab menjadikan Polri harus berupaya keras untuk menangkalnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian jika saat ini aparat kepolisian terus berupaya menangkal keberadaan berita-berita hoax yang yang beredar di dunia maya.

Beredarnya berita hoax tersebut menjadi persoalan pelik bagi aparat karena para pembuat berita sudah menggunakan mesin atau robot sehingga sulit dideteksi.

“Berita hoax akan di-stretching kalau memang bisa, langkah pertama kita counter cuma repotnya mereka sudah menggunakan mesin dan robot,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (03/01/2017).

Ia menuturkan, pihaknya akan terus menangkal, menetralisasi, dan menyerang teknik IT. Disamping melakukan langkah terakhir yaitu penegakan hukum dengan mencari jejak para pelaku pembuat berita hoax untuk dilakukan penangkapan.

“Kita tentu counter, menetralisir dan menyerang teknik IT. Disamping langkah terakhir penegakan hukum dengan men-track mereka untuk dilakukan penangkapan,” ungkapnya.

Selain itu, saat ini mereka yang menciptakan berita hoax sudah menggunakan jasa profesional seperti konsultan. Mereka membayar dan menyerahkan konten berita hoax yang diinginkan kepada konsultan tersebut.