Hino Hadirkan Truk 12 Meter Bebas ODOL di GIICOMVEC 2020

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM — PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan truk terbaru, Hino Ranger FG 235 JU di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, 5 – 8 Maret 2020.

Kehadiran varian anyar ini sebagai solusi bagi pebisnis untuk memaksimalkan keuntungan di tengah berlakunya larangan truk Over Dimension Over Load (ODOL).

Produk Hino di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, 5 – 8 maret 2020.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengungkapkan truk Hino terbaru ini ditujukan untuk pasar pengangkutan kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor dengan kapasitas angkutan hingga 54 unit sepeda motor atau 4 unit mobil.

Ia menjelaskan, total truk ini memiiliki panjang 11.950 mm sementara ruang kargo extra panjang hingga 9.8 meter. Dengan wheelbase 7.030 milimeter Hino Ranger FG 235 JU lebih stabil dan aman membawa kendaraan yang hendak dikirim. Truk ini memiliki GVW 15,1 ton dilengkapi dengan Full Air Brake System agar kendaraan dapat mengerem dengan maksimal, rear camera untuk membantu pengemudi melihat kondisi di bagian belakang kendaraan sehingga lebih aman ketika akan parkir atau mundur dan side under mirror untuk membantu melihat di bagian yang tidak terjangkau atau blind spot.

“Bagi pengemudi, untuk mengurangi kelelahan ketika berkendara, Ranger FG 235 JU dilengkapi dengan Seat Air Suspension yaitu kursi pengemudi dengan suspensi udara yang meningkatkan kenyamanan bagi pengendaranya,” kata Masato.

Dalam peluncuran Hino Ranger FG 235 JU di ajang GIICOMVEC 2020, turut diserahkan juga Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kepada Hino dan juga karoseri untuk kendaraan ini dan sekaligus dilakukan handover kepada customer pertama yang membeli Hino Ranger FG 235 JU.

Peluncuran Hino Ranger FG 235 JU di ajang GIICOMVEC 2020, turut diserahkan juga Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kepada Hino.

Masato menambahkan, Hino500 series Ranger FG 235 JU ini merupakan bentuk dukungan Hino, kepada pemerintah untuk program Zero ODOL.

Baca:  Sidang Kongsi Pasar Turi, Hakim Tolak Dalil-dalil Eksepsi Henry Gunawan

Selain unit ini Hino tengah mengembangkan tipe-tipe lainnya seperti Hino Ranger truk 8×2 cargo yang merupakan terbesar kapasitasnya di rigid model, dan 6×2 Tractor Head yang siap menarik beban berat namun sesuai dengan regulasi yang berlaku. Karena truk – truk ini memiliki pembagian beban merata ke seluruh sumbu roda yang ada sehingga mengurangi berat hanya pada satu titik tumpuan tertentu ke jalan.

“Kehadiran Hino Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki persoalan dengan truk mereka yang terkait regulasi Odol. Maka truk ini menjadi solusi yang tepat untuk efisiensi dan efektifitas dalam bisnis logistik. Apalagi, truk Hino ini memiliki kapasitas ruang kargo dan wheelbase terpanjang di kelasnya sehingga lebih aman dan stabil di perjalanan,” jelasnya.

Dewanto Purnacandra selaku Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mengungkapkan dalam sambutannya di booth Hino GIICOMVEC 2020, “Kami berikan apresiasi kepada Hino yang sudah memproduksi kendaraan yang sesuai dengan perundang-undangan, baik itu dimensi maupun angkut bebannya seperti yang diluncurkan Hino FG 235 JU yang telah memiliki SRUT, untuk mengangkut kendaraan bermotor dan mendukung program pemerintah untuk Zero ODOL,” ungkap Dewanto.

Sementara itu, Santiko Wardoyo selaku Sales and Promotion Director HMSI, memaparkan di pameran otomotif khusus truk dan bus ini, pihaknya memajang tujuh kendaraan, baik truk dan bus. Model bus yang dipamerkan terdiri dari Hino Microbus 110 SDBL yang merupakan andalan untuk bisnis travel dan pariwisata. Model bus lainnya adalah Hino FB 130, bus TAYO atau Tangerang AYO memiliki kapasitas 27 tempat duduk dan 13 penumpang berdiri yang digunakan untuk Bus Rapit Transit (BRT) kota Tangerang.

Baca:  Senggolan Dengan Motor, Kabin Truk Terbakar di Madiun

Sedangkan untuk light duty truck, Hino membawa deretan line up andalannya seperti Hino 110 SD dengan bodi Compactor yang befungsi sebagai pengangkut Sampah yang ramah Lingkungan. Truk compactor ini didesain dengan bak tertutup sehingga pengangkutan sampah bebas bau dan bebas sampah tercecer sepanjang perjalanan menuju tempat pembuangan akhir.

“Sebagai market leader medium duty truck dalam 20 tahun terakhir ini, Hino tidak lupa juga membawa Hino Ranger dalam ajang ini. Ada dua unit medium duty truck yang Hino hadirkan disini yaitu Hino Ranger FM 285 JD, truk common rail yang telah terbukti ketangguhan dan keandalannya. FM 285 JD dump truck 6×4 ini mampu membawa beban berat di medan ekstrim sekalipun guna meningkatkan efisiensi bisnis dan meraih keuntungan yang maksimal,” kata Santiko.

Ia juga memaparkan, unit lainnya adalah Hino Ranger FM 350 TH merupakan salah satu jagoan kendaraan Hino dalam menarik beban berat seperti untuk kontainer berukuran 40 feet. Menggunakan mesin P11C-VP common rail bertenaga 350 PS, dan transmisi M009OD yang memiliki rasio besar 5.428 membuat truk dapat menanjak kuat dan juga berakselerasi di jalan lurus.

Menurutnya, untuk keamanan, truk ini sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS) yang dapat mencegah terjadinya penguncian ban ketika rem mendadak, sehingga kendaraan terhindar dari kecelakaan dan lebih aman, selain itu rem trailer turut disematkan pada Hino New Generation Ranger FM 350 TH yang berfungsi untuk menyalurkan tekanan udara pada rem trailer untuk pengereman lebih optimal sehingga dapat meningkatkan aspek keselamatan berkendara.

Sebagai produsen kendaraan komersial pertama di Indonesia yang mengekspor kendaraan nya baik itu truk dan bus untuk pasar luar negeri. Hino Indonesia turut menampilkan unit Hino Export unit dalam GIICOMVEC 2020. Hino300 Series dengan kemudi kiri ini, Hino tampilkan sebagai dukungan nyata Hino pada perekonomian dan kemajuan industri dalam negeri. Hino300 Series Export Model yang ditampilkan ini merupakan kendaraan yang di export untuk negara-negara di Afrika Barat yang merupakan negara tujuan ekspor terbaru Hino.

Baca:  ATSI Dukung Menkominfo Untuk Tutup Sementara Layanan Internet di Hari Nyepi

Hino Connect, Telematics system untuk efisiensi bisnis

Mengusung tema Truck and Bus that do more be connected to customer future by information technology & human touch. Hino terus berusaha membuat kendaraan yang aman dan kuat. Serta terus mengembangkan teknologi untuk kendaraan dapat memiliki efisiensi yang lebih besar bagi keuntungan bisnis customer. Seperti teknologi yang Hino miliki saat ini Hino Connect yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis pelanggan karena dapat mendukung operasional bisnis. Dengan Hino Connect kendaraan dapat terpantau dan lebih mudah mengatur manajemen operasional armada. Fitur Hino Connect juga membantu dalam manajemen pengemudi dan manajemen kendaraan karena Customer dapat memperoleh data perilaku supir mengemudi dan pengingat untuk perawatan berkala armadanya.

Hino Connect Telematics system diberikan pemakaian gratis selama lima tahun. Semua truk Hino yang diproduksi sejak Januari 2020 sudah dilengkapi Hino Connect. Perangkat ini juga dijual sebagai produk resmi bagi konsumen yang ingin menggunakannya di truk Hino lansiran tahun sebelum 2020.

“Hino Connect merupakan sebuah sistem teknologi manajemen kendaraan yang dikembangkan Hino, untuk memantau aktifitas kendaraan serta menghasilkan berbagai data informasi. Sehingga customer bisa mengatur operasional bisnisnya menjadi lebih baik dan pada ujungnya bisnis berjalan lebih efisien dan menguntungkan,” tutup Sales and Promotion Director HMSI, Santiko Wardoyo. @Rudi