Akar Vetiver Dinilai Mampu Menahan Erosi, Forkopimda Sidoarjo Lakukan Reboisasi

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM -Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia baru -baru ini saat menggelar rapat nasional dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasioal (BPBN),untuk penanggulangan bencana alam yang terjadi di Indonesia, supaya di galakan Reboisasi dan penghijauan.

Salah satu arahanya yakni dengan menanam rumput akar wangi atau Vetiver,di nilai varitas tanaman tersebut bisa menahan tanah dari gerusan erosi,karena akarnya yang tebal dan lebat.

Dan di harapkan semua instansi yang ada di daerah supaya bersinergi untuk memantau adanya praktik ilegal minning.Harus di tindak tegas sesuai perundangan yang berlaku.

Upaya pelestarian lingkungan harus terus dilakukan oleh semua pihak. Seperti halnya di kawasan tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, TNI-Polri bersama instansi terkait di Kabupaten Sidoarjo melakukan penanaman rumput vetiver (akar wangi), Jumat (6/3/2020) pagi.

Baca:  Bencana Pacitan, Satlantas Polres Pacitan Turut Bersihkan Akses Jalan

“Pagi ini kita bersama-sama tanam sebanyak 25.000 rumput vetiver, jumlah ini akan terus bertambah karena masih berlanjut,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji pada awak media di lokasi.

Kegiatan tanam rumput vetiver akar wangi ini, merupakan sinergitas Polresta Sidoarjo serta Polsek jajaran dan jajaran TNI di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Brimob, Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo, Pemkab Sidoarjo, Dinas Perhubungan, DLHK, Satpol PP, Linmas, Pramuka, ILS, organisasi masyarakat, dan juga pelajar.

Penanaman rumput vetiver di tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, ditandai dengan penanaman bersama oleh Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Dan Arhanudse 8, Wakapolresta Sidoarjo, pejabat utama dan kapolsek jajaran Polres Sidoarjo, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo beserta pengurus, serta diikuti anggota dari TNI-Polri juga instansi terkait.

Baca:  Kebut Jalan Nasional, BBPJN Unit Trenggalek Siapkan Lebaran

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan penanaman rumput vetiver akar wangi ini bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Karena rumput vetiver sangat bermanfaat untuk pencegahan longsor di kawasan tanggul Sungai Brantas Porong.

“Penanaman juga hanya berlangsung hari ini saja, masih terus bersama-sama dilakukan penanaman. Mengingat pentingnya manfaat dari rumput vetiver akar wangi ini,” ujarnya.

Sementara Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi menyambut baik kegiatan ini. Kami dari unsur TNI mendukung penuh dan turun langsung, berbagai upaya pelestarian lingkungan. Salah satu pada kegiatan penanaman rumput vetiver di tanggul Sungai Brantas Porong ini.