Aklamasi,  Sarmudji Sah Pimpin Golkar Jatim  2020-2025

SIDOARJO KANALINDONESIA.COM Seperti yang sudah diperkirakan Musda Golkar Jatim akhirnya memutuskan secara aklamasi Mohammad Sarmudji sebagai ketua DPD Golkar Jatim periode 2020-2025. Keputusan ini setelah pimpinan sidang Yahya Zaini mewakili DPP mengetuk palu, menyatakan keputusan sudah final dan sah.

Nama Sarmudji memang santer disebut sebut mulus sebagai pemimpin Golkar Jatim setelah dua nama yaitu Gatot Sudjito dan Sahat Tua Simanjuntak menyatakan mundur sebagai kandidat Ketua Golkar Jatim.

“Dengan ijin saudara saduara Saya ketok (putuskan) Pak Sarmudji sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi Jatim 2020 -2025, sesuai aspirasi saudara saudara,” kata Yahya Zaini sembari mengetok palu sidang, Jum’at (6/3/2020).

Tanda tanda terpilihnya Sarmudji sudah terlihat sejak pra Musda, dimana Sahat selaku Ketua Panitia dan sekaligus kandidat Ketua, menyatakan mundur dari pencalonan. Ini juga diisyaratkan secara tegas oleh Zainuddin Amali selalu Plt Ketua Partai Golkar Jatim saat memberi sambutan pada pembukaan Musda Jatim pagi tadi.

Baca:  Hari Kedua di Jabar, Presiden Resmikan Program Digitalisasi Sistem Pertanian di Indramayu

Dalam pembukaan yang  dihadiri Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan sejumlah pengurus DPP Golkar lainnya serta Perwakilan dari 38 DPD Kabupaten/Kota juga turut hadir, ZA (sapaan Zainudin Amali) mengaku menyambut gembira para pengurus DPD di tingkat kabupaten/Kota atas iktiar mendukung aklamasi. Padahal, sebelumnya ZA mengaku mendapat informasi bahwa ada banyak tokoh di Jatim yang mendapat dukungan sebagai Calon Ketua DPD, yaitu Sahat Tua Simanjuntak (Sekretaris DPD Golkar Jatim), Gatot Sudjito (Anggota DPR RI), dan Sarmuji (Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Jatim/ Anggota DPR RI).

Menurutnya, baik Sahat maupun Gatot, telah berbesar hati untuk memberikan dukungan kepada Sarmuji. “Kita berhasil menunjukkan bahwa kita tidak perlu ribut atau berantem. Pak Sahat dengan keikhlasannya dan Pak Gatot dengan kedewasaannya, akan memberikan dukungan kepada Mas Sarmuji,” kata ZA dari atas mimbar.

Baca:  Tabrakan Karambol di Jalur Tengkorak Ngawi-Solo, Tiga Tewas di TKP

Menurut ZA yang juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar ini, aklamasi untuk mendukung Sarmuji menjadi bukti kedewasaan demokrasi Partai Golkar di Jawa Timur. “Jangan menganggap kalau aklamasi, tidak demokratis, itu adalah cara kita berdemokrasi,” katanya.

Dengan mengesampingkan ego pribadi, Golkar diyakini akan semakin solid. Apalagi, partai berlambang pohon beringin ini sudah ditunggu berbagai even politik kedepan.

Baik untuk Pemilu serentak di 2020 maupun persiapan konsolidasi pemenangan di pemilu 2024. “Energi kita lebih baik kita fokuskan kepada 19 pilkada. Daripada disini, terbuang percuma,” tegasnya.

“Sehingga, kita harus solid dan mendukung penuh keputusan Musda,” tegas pria yang juga menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga ini.

Baca:  Pilkada Sesuai Jadwal, Demokratis dan Aman COVID-19

Di akhir sambutannya, ZA lantas mengajak Sahat, Gatot, maupun Sarmuji ke atas panggung. Bersama-sama mereka sepakat untuk menyukseskan gelaran Musda.

Tak lupa ia juga memberikan sebuah pantun. “Kapal pinisi berlayar ke merangin, Kalau jadi politisi, pintar-pintar membaca arah angin,” kata ZA disambut tepuk tangan peserta pertemuan.

Sementara itu setelah terpilih sebagai ketua Golkar Jatim Sarmudji mengaku siap menjadikan Partai Golkar makin jaya di Jatim. “Saya terima amanat sebagai ketua DPD Pantai Golkar Jatim, saya berjanji akan kibarkan setinggi tingginya dan seluas luasnya panji panji partai Golkar di Jatim, ” kata Sadmudji sembari mengibar ngibarkan bendera Golkar dihadapan peserta Musda. Nang