Upaya Lanjutan Pencegahan Virus Corona, KAI DAOP 7 Terjunkan Tim Kesehatan

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Menindaklanjuti ditemukannya penderita virus corona atau Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya Daop 7 Madiun akan menjalankan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic dan Kereta Inspeksi, tanggal 7 Maret hingga 9 Maret 2020.

“Rail Clinic dan Kereta Inspeksi dijalankan sebagai bentuk upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus corona di area Stasiun dan Kereta Api,” kata Vice President (VP) Daop 7 Madiun, Joko Widagdo.

Layanan tersebut diberikan di beberapa stasiun, diantaranya adalah Stasiun Semarang Poncol, Cirebon, Depok, dan Bogor. Adapun Kereta Inspeksi melayani Stasiun Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Yogyakarta, Solo, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Bojonegoro, Purwokerto, dan Pasar Senen.

“Untuk di Daop 7, kita adakan di Stasiun Madiun ini saja,”ungkapnya lebih lanjut.

Baca:  Satu WNI Wuhan Asal Ponorogo Tiba di Rumah Tinggalnya

Pada kegiatan kali ini, KAI menerjunkan petugas paramedis yang dimiliki untuk mengedukasi para pekerja KAI dan para penumpang di stasiun. Selain itu para penumpang juga diperiksa suhu tubuhnya, untuk mengetahui kondisi kesehatan para penumpang tersebut.

Sebelumnya, KAI Daop 7 juga telah melakukan pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan untuk pengguna jasa KA, melakukan pembagian masker, dan penyediaan hand sanitizer di beberapa titik di stasiun. Juga pemasangan spanduk dan banner yang berisi imbauan untuk hidup serta sehat peringatan virus corona.

Selain itu, KAI akan melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin setiap sebelum perjalanan dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi agar kebersihan sarana kereta selalu terjaga dan menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang.

Baca:  Satlantas Polres Pasuruan Launching Program Tahun Keselamatan

“Demi efektivitas pencegahannya, kami berharap agar para pengguna jasa KA untuk menjaga kesehatan diri dan memakai masker jika sedang sakit.,” tutup Joko.

Upaya-upaya preventif penyebaran virus corona ini dilakukan KAI baik di atas kereta maupun stasiun.

Bila ada yang kurang jelas, bisa menghubungi Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko di email humasda7@kai.id