Wabup Madiun: Festival Agro  dan UMKM Belah Durian sebagai Momentum Tingkatkan Produktifitas

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto menghadiri  Festival Agro dan UMKM “Belah Durian”, di Desa Tileng, Kecamatam Dagangan diselenggarakan Festival Agro dan UMKM “Belah Durian”, Sabtu(07/03/202.)

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto, Sekda Tontro Pahlawanto, Asisten sejumlah Kepala OPD dan Camat se Kab. Madiun.

Dalam sambutannya Wabup. Hari Wuryanto mengatakan, bahwa Festival Agro dan UMKM yang digelar hari ini dengan tema “Belah Durian” merupakan agenda tahunan yang digelar dalam rangka mempromosikan produk-produk unggulan dari Kec. Dagangan Kab. Madiun untuk meningkatkan produktivitas dari hasil agro di Kec. Dagangan sudah dikenal di tingkat nasional dan mancanegara.

Wabup berharap agar buah durian yang sudah diolah menjadi aneka produk olahan diproduksi lebih banyak lagi sehingga kedepannya yang menjadi produk unggulan desa-desa di Kec. Dagangan

Baca:  Sapi Qurban Milik Ali yang Bobotnya 11 Kwintal, Pernah Ditawar Pak De Karwo

Diinformasikan pula, bahwa saat ini pemerintah pusat telah mengeluarkan Kepres No. 8 yang menjadikan dasar untuk membangun kawasan selingkar wilis guna meningkatkan daya saing produk-produk yang ada di lereng wilis. Untuk itu Wabup. Hari Wuryanto mengajak untuk menyambut bersama-sama dengan penuh semangat dan selalu berinovasi agar desa-desa di lereng wilis menjadi desa wisata dan desa mandiri, sesuai dengan program pemerintah Kab. Madiun yang visinya manjadikan Kabupaten Madiun yang aman mandiri, sejahtera dan berakhlak.

Diharapkan desa yg saat ini sudah menuju desa mendiri hendaknya bisa ditingkatkan kembali potensi yang ada di masyarakat dan kedepan semua hasil produksi agro dilereng wilis dapat meningtingkatkan pendapatan asli desanya dan dapat menjadi prioritas untuk peningkatan PAD Kab. Madiun. Dengan kebersamaan dan gotong royong, serta keguyupan seluruh masyarakat akan menunjang produksi hasil olahan di wilayah Kec. Dagangan untuk memaksimalkan durian dengan segala produk lahannya

Baca:  Kasus Jual Beli Emas, Marketing PT Antam Divonis 40 Bulan Penjara

Pada kesempatan ini Wabup. Madiun dengan disaksikan sejumlah tamu undangan berkenan menanam bibit tanaman durian.

Perlu diketahui, bahwa produksi durian di kab. Madiun mempunyai bayak kelebihan Rasa manis, pahit, mint. Variannya juga banyak, montong, kawuk, dan yang terakhir ada varian durian mrica. Kulit tipis, isi tipis, buah tebel rasanya luar biasa. Durian mrica hasil perkawinan siang durian kawuk dengan durian lokal yang ada di lereng willis. (Rob /foto:hari)

Dalam festival Belah Durian tersbut ditetapkan sebgai pemenang kategori Olahan Durian Basah
1. Puding Lumut Durian dari ds. Jetis
2. Moren (Moci Durian) dari Ds. Prambon.
3. Durigo Ds. Mendak

Kategori Olahan Durian Kering :
1. Leker Durian dari ds. Tileng
2. Sagu Durian dari Ds. Kepet
3. Nastar Durian dari ds. Sukosari

Baca:  Kursi Kosong Paripurna DPRD Gresik

Kategori Durian Jumbo
1. Durian Montong milik Gembos ( Dusun. Culing, Desa Tileng)
2. Durian Montong mili Wagimun dsn. Gampingrejo Sd. Tileng
3. Durian Montong Subiyanto ( Dsn. Pokolimo ds. Tileng).

Kategori Durian Rasa
1. Durian Bawor milik Sarno Desa Tileng
2. Durian Hijau milik Gembos Desa Tileng
3. Durian Kendil milik Slamet Desa Tileng.