Banjir Rendam 13 Rumah Warga Desa Lokki, Tidak Ada Korban Jiwa

Salah satu rumah warga dusun siaputih desa Lokki kecamatan Huamual Kabupaten SBB Maluku tergenang air (foto: Sunethh_kanalindonesia.com)

SERAM BAGIAN BARAT, KANALINDONESIA,COM: Derasnya hujan yang mengguyur Kabupaten Seram Bagian Barat Maluku yang terjadi pada Sabtu (07/03/2020), khususnya Kecamatan Huamual, sehingga mengakibatkan 13 rumah warga Dusun Siaputih, Desa Lokki terendam air dengan ketinggian air mencapai 1 hingga 2 meter.

Selain 13 rumah warga, sarana pendidikan diantaranya satu gedung PAUD dan satu gedung sekolah dasar ikut tergenang air, akibat luapan sungai Siaputih yang tidak mampu menampung debit volume air yang tinggi.

Warga setempat mengatakan, banjir yang terjadi di Dusun Siaputih, Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB diakibatkan oleh tingginya curah hujan sehingga meluapnya air kali di Dusun Siaputih. Selain itu permukaan material di dalam kali sama tinggi dengan permukaan tanah sehingga menutupi bagian bawah jembatan penghubung tersebut.

Baca:  Petani Blitar Kembali Mendapat 38 Unit Alsintan

“Debit air yang tinggi tidak dapat melewati bawah jembatan sehingga meluap ke badan jalan dan pemukiman warga setempat dan puluhan rumah warga ikut terendam,”ungkap salah satu warga.

Penjabat Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB, Maluku, Demitry Riry menjelaskan, langkah-langkah cepat telah dilakukan oleh pemerintah Desa Lokki dengan mendata semua kepala keluarga dan semua rumah serta fasilitas umum yang tergenang akibat dampak dari banjir yang terjadi kemarin.

” Intinya kami sudah lakukan pendataan yang dikumpulkan pihak pemerintah desa, dan selanjutnya pemdes sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) kabupaten Serang Bagian Barat,”ucap Demitry Riry.

Lebih lanjut dikatakan Demitry,”akibat banjir yang terjadi kemarin tidak ada korban jiwa dan hanya fasilitas pendidikan serta rumah warga yang terendam air, jumlah kepala keluarga Dusun Siaputih sebanyak 13 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 54 Jiwa,”jelasnya.(SUNETH).

Baca:  Pemda SBB Dukung Program Polres Peduli Penghijauan, Lewat Penanaman Pohon