Menerima Kehadiran HMI Jatim, Sahat Tua Simanjuntak Gayeng Bicara Soal Pilkada, Corona dan Omnibus Law

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Tiga point penting, disampaikan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Sahat Tua Simanjuntak, saat bertemu Badko HMI – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur, Senin (9/3/2020) di ruang VIP DPRD Jatim, jl Indrapura no 1 Surabaya. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur, Senin (9/3/2020).

Yang pertama Sahat Tua Simanjuntak mengajak mahasiswa dan HMI ikut menyukseskan penyelenggaraan pilkada.

“Selaku pimpinan dewan Jatim, kami berharap pilkada 2020 baik dan kondusif. Sebab, pilkada di Jawa Timur cukup banyak, yakni di 19 daerah,” kata Sahat di awal sambutannya.

Satu di antara potensi penyebab konflik di Pilkada adalah penyebaran isu SARA. Para pendukung acapkali menggunakan sentimen tersebut dalam memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

Baca:  Sambut New Normal Life, Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim Bagikan Alat Kesehatan di Terminal Joyoboyo Surabaya

“Pemilihan kepala daerah sudah seharusnya tidak terbelengu dengan isu sara. Sebab, pada prinsipnya kepala daerah dipilih untuk mengayomi seluruh masyarakat tanpa memandang latarbelakang,” tegas Sahat.

HMI sebagai organisasi kemahasiswaan yang cukup besar dinilai bisa mengantisipasi masalah tersebut. “Perang mahasiswa dan HMI memiliki kontribusi yang sangat bagus. Sebab HMI juga memiliki cabang yang tersebar di banyak daerah,” kata Sahat.

Di sisi lain, Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi Badko HMI Jatim, Safiuddin, menerangkan bahwa di tiap pilkada pihaknya memiliki dua peran. Baik peran selama perencanaan hingga pasca pemungutan.

“Porsi kami di pilkada tidak untuk dukung mendukung, namun membantu penyelaksaan pilkada agar bisa lebih bagus,” kata Udin.

Baca:  Turun Reses di Trenggalek, Sahat Tua Simanjuntak Ingatkan Aturan Disiplin Pakai Masker

Pihaknya sepakat dengan Sahat, bahwa penyelenggaraan pilkada harus terhindar dari isu negatif yang memecah belah masyarakat. “Kami sepakat bahwa masyarakat harus mendapat pendampingan. Di antaranya, soal mengantisipasi isu SARA,” kata Udin.

Selain soal Pilkada serentak Politisi Golkar ini juga mengingatkan soal Corona, agar HMI juga ikut membantu mneciptakan suasana tenang dan memberi edukasi bab Corona ini. Dan ketiga Sahat mengajak HMI untuk ikut mengawal program pemerintah yakni Omnibus Law, yang saat ini sedang digodog di DPR RI.

Sahat mengaku sangat dekat dengan HMi , karena selama ini banyak senior HMI di dunia politik yang digelutinya menjadi guru baginya, seperti Akbar Tanjung,   Ridwan Husjam dan banyak lagi senior senior HMi lainnya.

Baca:  Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak : Aktivis Lingkungan Harus Hentikan Tebar Isu Telur, Hanya Bikin Gaduh !

Pada kunjungan tersebut, HMI juga mengundang perwakilan DPRD Jatim untuk bisa hadir dalam Rapimcab yang akan diikuti 38 kabupaten/kota se-Jatim. “Kami mengundang Bapak Sahat untuk mendiskusikan peran kami di Jatim, utamanya dalam pembangunan Jatim,” katanya.

Rencananya, Rapimcab tersebut akan berlangsung di Surabaya, 20 Maret 2020 mendatang. Nang