Mantabkan Kesiapan Pengamanan Pilkada dan PON XX Tahun 2020, Wakapolri Adakan Rakernis di Pusdik Sabhara Porong Sidoarjo

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM: Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaludin hadiri Rapat Kerja Teknis Badan Pemeliharaan Keamanan (Rakernis Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 yang resmi dibuka oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di Pusdik Sabhara Porong, Sidoarjo, Selasa (10/3/2020).

Rakernis yang akan berlangsung hingga 13 Maret 2020 mendatang ini bertemakan ‘Baharkam Polri Beserta Jajaran Siap Mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan PON XX Tahun 2020 serta Memelihara Kamtibmas Guna Mendukung Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju’.

Turut hadir dalam Rakernis diantaranya Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol M Iqbal, dan 390 peserta dari 34 polda dan berbagai unsur terkait.

Nantinya, para peserta akan mendapatkan masukan dari narasumber-narasumber, baik dari dalam maupun dari luar Polri. Diantaranya, Menteri KKP, Wamen BUMN, Komisaris Utama Pertamina, Kepala Bulog, Dirjen Bea Cukai, serta success story dua kepala desa dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca:  Peserta Bola Voly Profesional Hebohkan Turnamen Kades Cup Antar RW di Widang Tuban

Kemudian akan ada seorang Bhabinkamtibmas dari Polda Sumatra Utara yang berhasil membina kelompok petani sayur dan nelayan dengan perdagangan online. Ia mempekerjakan kaum difabel, mantan preman, dan eks narapidana.

Wakapolri menyebutkan, ada beberapa poin yang dijadikan tujuan utama sebagai bahan Rakernis kali ini. Diantaranya seperti kesiapan pengamanan untuk menghadapi potensi wilayah yang rawan terjadi konflik jelang Pilkada yang diselenggarakan secara serentak dan PON XX 2020.

“Inti dari Rakernis untuk pemantapan kesiapan pengamanan. Karena diketahui pada tahun 2020 ini kita dihadapkan dengan dua agenda besar. Yakni pilkada baik gubernur dan walikota serta bupati jika. Jika ditotal ada 270 pilkada. Yang kedua PON 2020 di Papua,” kata Gatot, Selasa (10/3)

Baca:  Ir. Hergunadi Dilantik Jadi Sekda Magetan

Perencanaan pengamanan PON 2020 di Papua itu sendiri, semua kontingen akan dikawal anggota dari daerahnya masing-masing.

“Nanti semua kontingen PON itu akan dikawal dari daerahnya masing-masing. Yang jelas semua pengamanan sudah disiapkan,” ujar Gatot.

Sedangkan selain dua agenda tersebut, ada juga agenda lain yang menjadi perhatian Polri. Diantaranya lebaran dan tahun baru dan tingkat daerah lainnya.

Sementara itu Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menambahkan, diselenggarakannya rakernis ini untuk menyelaraskan pemahaman para direktur jajaran Baharkam kewilayahan mendukung implementasi kebijakan dan strategi Polri tahun 2020.

“Baharkam Polri merupakan satuan kerja yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri. Dengan kekuatan personel kurang lebih 155.751 personel serta didukung peralatan mutakhir yang dapat dibanggakan. Menjadikan Baharkam Polri sebagai miniatur Polri yang siap mengamankan agenda nasional,” terang Agus.

Baca:  Presiden Berbelasungkawa Atas Wafatnya Tenaga Medis yang Tangani Pasien Korona

Dengan kekuatan tersebut, lanjutnya, Baharkam Polri siap mengamankan Pilkada Serentak 2020, PON XX Papua, mendukung pembangunan nasional, antisipasi bencana alam dan karhutla, serta mengamankan lima program prioritas kerja Presiden. Yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, memangkas kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

“Kami berharap rakernis ini dapat dimanfaatkan seluruh jajarannya untuk menyamakan persepsi dalam memberikan kontribusi bagi terpeliharanya kamdagri. Dan tercapainya misi Kapolri melakukan penguatan harkamtibmas, peningkatan kualitas SDM, dan pengawalan proyek insfrastruktur nasional,” tambah Agus. Ady