Kembali, Polsek dan Puskesmas Mlarak Berikan Penyuluhan dan Pendataan Bahaya HIV

petugas puskesmas mlarak didampingi Bhabinkamtibmas Desa Bajang saat mengambil sample darah karyawan dan karyawati di cafe maharani(foto: dok Polsek Mlarak)

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kepolisian Sektor (Polsek) Mlarak Polres Ponorogo bersama dengan petugas dari Puskesmas Mlarak kembali melakukan penyuluhan, pendataan dan pemeriksaan sample darah kepada duapuluh orang karyawan dan karyawati (pemandu lagu) Café Maharani yang berada di Jalan Raya Jabung-Mlarak masuk Desa Bajang, Kecamatan  Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jatim, Selasa(10/03/2020).

“Penyuluhan dan pendataan bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya penyakit HIV Aids serta cara penularanya, dikarenakan menurut pantauan petugas (Bhabinkamtibmas)  beserta petugas dari Puskesmas Mlarak, Café Maharani adalah tempat yang rawan terjangkit virus Hiv Aids tersebut,”ucap Kapolsek Mlarak, AKP Sudaroini.

Tak hanya penyuluhan  tentang bahaya penyakit HIV dan penularanya, petugas dari Puskesmas Mlarak juga melaksanakan simulasi pemasangan alat kontrasepsi berupa kondom, dengan tujuan para pekerja di Cafe tersebut terhindar dari hubungan sex yang berisiko penularan HIV.

Baca:  Kembali, Satu TKW Malaysia Asal Ponorogo Meninggal

Usai dilakukan simulasi tersebut, petugas dari Puskesmas Mlarak kemudian mengambil sampel darah dari 20 orang karyawati Café Maharani, untuk melakukan deteksi dini kondisi dari masing-masing karyawati.

Dari pemeriksaan dengan mengambil sample darah masing-masing karyawati(pemandu lagu), petugas tidak menemukan indikasi penderita HIV, dan semua dinyatakan sehat.